Spirited Away (Sen to Chihiro no kamikakushi) (2001)


Ini sebenernya film udah lama (2001), tapi lumayan meledak lagi tahun 2006 lalu. Aku baru nonton DVDnya, dan terkesima melihat sebuah story telling yang benar-benar memikat.

Chihiro adalah seorang anak perempuan berusia 10 tahun, yang sedang mengendarai mobil bersama Ayah dan Ibundanya. Tiba-tiba sang Ayah tersesat dan mereka terhenti di depan sebuah terowongan kecil yang gelap dan panjang. Meski si kecil Chihiro memiliki firasat buruk, ia tak kuasa menolak keinginan kedua orangtuanya yang ingin memasuki terowongan tersebut. Di ujung terowongan mereka melihat sebuah kampung lengkap dengan berbagai macam kedai makanan, namun semuanya kosong. Tidak ada seorangpun yang ada di sana. Sampai akhirnya mereka menemukan sebuah rumah makan lengkap dengan banyak makanan, namun tanpa penjualnya.

Si Bapak langsung menerjang memakan makanan di depannya, diikuti oleh ibunya. Meski Chihiro mengatakan bahwa penjualnya akan marah, orangtuanya berkata kepadanya agar ia tak khawatir karena ayahnya membawa kartu kredit dan uang tunai. Nanti saja dibayar kalau penjualnya ada.

Bosan menunggu orang tuanya makan, Chihiro berjalan-jalan ke sekeliling kedai dan menemukan bangunan besar, namun ia diusir oleh Haku, seorang anak lelaki di situ. Akhirnya dengan penuh tanda tanya ia kembali mencari orang tuanya, namun ia begitu kaget melihat kedua orangtuanya berubah menjadi babi yang besar.

Akhirnya, Chihiro berlari menuju rumah besar itu, di mana petualangannya yang sebenarnya baru saja dimulai. Sebuah dunia penuh makhluk aneh dan tukang sihir, di mana manusia menjadi hewan…
Berhasilkah ia mengembalikan Ayah Ibunya ke sosok semula?

Film ini memenangkan Oscar untuk kategori Best Animated Feature tahun 2003 dan seabrek penghargaan lainnya. Film ini juga sempat menghasilkan 200 juta dolar!

Moral of the story : love defeat hate, and don’t be greedy unless you wanna be as low as animal.

Iklan

Posted on April 13, 2007, in Ulasan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: