City of Ember (2008)


Aku belum baca bukunya, jadi tidak bisa mengatakan seberapa setia film ini dengan buku aslinya. Tapi dari melihat idenya, lumayan orisinil.

Alkisah dunia dalam keadaan bahaya, sehingga para ilmuwan memutuskan untuk membangun sebuah kota di bawah tanah, yang diberi nama Ember. (Bukan ember plastik ya…). Sebuah kotak berisi kunci dan informasi untuk membawa manusia kembali ke permukaan tanah dalam waktu 200 tahun disiapkan oleh para developer kota tersebut. Kotak itu dilimpahkan dari satu walikota ke walikota berikutnya secara estafet. Namun setelah walikota kesekian menjabat, kotak itu dilupakan orang.

240 tahun kemudian… generator pembangkit listrik utama kota itu mulai mati. Persis seperti PLN di City of Jakarta. Pertama cuma mati 2 menit, lama kelamaan sampai 7 menit! Dua orang remaja, Doon Harrow (Harry Treadaway, newcomer) dan Lina Mayfleet (Saoirse Ronan, membintangi Atonement dan Death Defying Acts). Saoirse Ronan adalah putri aktor Paul Ronan (Devil’s Own, Veronica Guerin) dan mendapat nominasi Oscar untuk perannya di Atonement.

Nah kedua remaja tersebut berpetualang mencari jalan keluar dari Ember. Usaha mereka mendapat rintangan dari walikota Ember yang diperankan oleh Bill Murray (Lost in Translation) yang korup. Berhasilkah mereka keluar dari kegelapan di tengah kepungan pejabat korup dan monster bawah tanah? Saksikan sendiri filmnya atau baca bukunya.

Film ini diangkat dari buku fiksi apokaliptik karya Jeanne DuPrau, dan merupakan buku pertama dari empat buku seri ini. Yaitu:
– The City of Ember (2003)
– The People of Sparks (2004)
– The Prophet of Yonwood (2006) yang merupakan prekuel dari City of Ember
– The Diamond of Darkhold (2008)

Salah satu produser film ini adalah Tom Hanks (Forrest Gump). Sutradaranya Gil Kenan yang menyutradai film animasi Monster House. Duh sutradara muda ini baru berusia 32 tahun! Sudah dapat nominasi Oscar pula. Edan juga nih. Lebih muda dariku 4 bulan! Top markotop. Jawara Oscar Tim Robbins (Mystic River) yang memerankan ayah Doon Harrow juga memeriahkan film ini.

Film ini merupakan film keluarga, cocok ditonton bersama anak-anak 8 – 15 th. Special effectnya lumayan OK. Aku memberi 7.5 skala 10, dan menunggu sekuelnya!


Gambar dari situs asli film ini.

Play the pipeworks?
Game of City of Ember

Iklan

Posted on November 17, 2008, in Ulasan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: