Do you have a dream?


Anda punya impian? Goal? Cita-cita? Harapan?

Menurut Mbah Google dan Mas Wiki, impian atau tujuan atau cita-cita pada dasarnya merupakan sebuah proyeksi keadaan di masa depan yang ingin dicapai seseorang (atau suatu sistem) dengan melakukan serangkaian langkah menuju keadaan yang ingin dicapai, dalam kurun waktu tertentu.

Impian atau harapan yang baik harus punya kriteria kesuksesan yang jelas dan ada batas tenggat waktu. Bisa diukur dan bukannya mengambang. Misal punya cita-cita ingin memiliki sebuah rumah dalam waktu sekian tahun, naik haji sebelum usia sekian, punya mobil dalam waktu beberapa bulan, ke luar negeri sekian tahun lagi, dan sebagainya. Tenggat waktu akan memacu kita menambah energi dan motivasi agar semangat dalam mencapai cita-cita terus berkobar. Ketika kita berharap sesuatu, kita harus benar-benar menginginkannya, selalu berpikiran positif, dan berusaha sekeras mungkin untuk mencapainya. Terkadang, cita-cita tidak tercapai ketika kita sudah 99% sukses. Hanya karena menyerah pada hambatan, seseorang memutuskan untuk melepaskan semua investasinya untuk mencapai semua cita-citanya. Tanpa tenggat waktu, kita akan kehilangan kobaran api semangat itu. Karena meraih cita-cita butuh energi dan motivasi yang kuat.


Perbedaan antara seseorang yang sukses dengan yang tidak bukan pada kurangnya kekuatan atau pengetahuan, tetapi lebih pada kurangnya kemauan atau motivasi.

Hal berikutnya setelah impian yang jelas dan motivasi yang kuat, adalah rencana.

Berikut kata mutiara dari Internet yang saya temukan berkaitan dengan rencana:

* A goal without a plan is a wish (Antoine de Saint-Exupery (1900 – 1944))

* In preparing for battle I have always found that plans are useless, but planning is indispensable (Dwight D. Eisenhower (1890 – 1969))

* He who every morning plans the transaction of the day and follows out that plan, carries a thread that will guide him through the maze of the most busy life. But where no plan is laid, where the disposal of time is surrendered merely to the chance of incidence, chaos will soon reign (Victor Hugo (1802 – 1885))

* Just because something doesn’t do what you planned it to do doesn’t mean it’s useless (Thomas A. Edison (1847 – 1931))

* Plans are only good intentions unless they immediately degenerate into hard work (Peter Drucker (1909 – 2005))

Rencana membuat probabilitas goal kita tercapai dengan usaha yang seefisien dan seefektif mungkin dan dalam waktu yang relatif lebih bisa diprediksi.

Ok, dulu waktu aku masih SMA, aku suka membuat tulisan di kalender untuk menuliskan semua goalku. Mungkin cewek lebih suka menuliskannya di diary (aku dulu juga suka mengisi). Atau hanya dipatri dalam hati. Well, kini aku kepikiran untuk membuat aplikasi kecil untuk memaintain semua goal atau impian kita. Dan tool itu bisa digunakan untuk menjaga motivasi.

Rencana fiturnya adalah:
– Bisa menambah sebuah impian
– Setiap impian harus punya objektif yang jelas, deadline, dan rencana
– Kita bisa menambahkan kata mutiara, foto objek yang berkaitan dengan impian, atau bahkan suara dan video untuk terus membakar semangat kita dalam mencapai goal itu (bayangkan kalau Anda ingin naik haji ke mekkah, Anda bisa attach MP3 Labbaik Allahumma Labbaik, atau Anda ingin memiliki mobil, foto mobil impian dari berbagai sudut ditampilkan, dst)
– Bisa mengingatkan setiap saat berapa hari menuju deadline untuk goal yang kita sudah tetapkan
– Setiap impian bisa diatur prioritasnya
– Usaha kita dalam menempuh impian dapat disimpan sebagai Diary sebagai kenangan dan rekaman investasi kita

Berikut adalah mock up yang aku buat dengan Balsamic Mockups :

 

Guys, that’s one of my dream to help others dreaming 🙂

 

Hopefully I can start to code it while waiting for this dream being reviewed.

Nana, happy bday, and thank you for donating me some of your rizqi to continue providing free application for human being. This tool insya Allah will be the first product you sponsored.

Guys, if you would like to contribute or donate some money to me like Nana, please PM me. The donation you give will be used to improve the quality of the free tool (I bought Delphi and some components to create the tools, and with the fund you donate, I can upgrade my license to the latest version of Delphi or buy other components to make the product look better and easier to use or simply to make the product). Insya Allah, I will put your name in the application as credit.

Have a nice dream and do something to make it true!

(Bakat, usaha, dan doa membungkam kemustahilan).
Iklan

Posted on Januari 4, 2009, in Kontemplasi. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: