Terminator Salvation (2009)

Semalam nonton Terminator Salvation yang baru turun kemarin 27 Mei 2009 di Plasenta XXI. Installement keempat dari franchise Terminator ini merupakan prekuel dan sekaligus sekuel dari ketiga film sebelumnya. John O’Connor kali ini diperankan salah satu aktor muda terbaik zaman ini, Christian Bale. Setelah sukses membintangi Dark Knight, sekuel dari Batman Begins, ia diharapkan bisa memberikan efek senatural film Batman itu.

Karena banyaknya adegan laga dan robot-robot baru yang belum pernah ada sebelumnya, ceritanya tidak begitu banyak. Yang menarik perhatian adalah aktor pendatang baru, Sam Worthington. Masih ingat Rogue? Film buaya raksasa di pedalaman Australia? Sam ikutan main juga di situ. Sam di sini akan memerankan seorang pembunuh bernama Marcus (diambil dari nama tokoh di Starcraft) yang dihukum mati dan sebelum ia mati ia mendandatangani perjanjian agar tubuhnya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan riset. Setelah kiamat terjadi, Marcus terbangun dan kebingungan akan jati dirinya. Apakah dia golongan pemberontak ataukah golongan mesin? Ia mencoba mencari O’Connor untuk mencari tahu hal ini. Tugas utama manusia di sini adalah menyelamatkan Kyle Reese, ayah O’Connor, yang di masa itu masih remaja.

Film yang berdurasi 130 menit ini kaya akan laga, ledakan bom, robot baru, dan aksi kejar-kejaran. Dibandingkan Charlie’s Angels yang juga disutradarai McG, Terminator Salvation masih lebih baik. Namun karena porsi utama di laga, cerita jadi kurang dalam karakternya. Roger Ebert, kritikus film terkenal, menonton Terminator Salvation seperti mendapatkan keasyikan video game tanpa perlu memainkannya. Suka naik roalcoaster? Film ini cocok untuk Anda.

Buat saya overall 7 skala 10 saja.

Yes Man (2008)

I watched this movie last night
while exercising using space glider.
I can burn so many calories while
watching movies I like. Some people like to eat something while watching movies
or television, and I like to reduce my fat while watchingPrison Break or simply, Oprah.

Back to the movie. The story is
about a man who avoid many opportunities coming in front of his nose and being
a “no” man instead of a “yes” man. Carl is a lonely guy, having no girl friend,
spending most of his nights watching movies from a movie rental. He prefer to be
a king in front of his television set rather than going out with his friends.
In most cases, he will make excuses to refuse something. Typical a loser. And
Jim Carrey is one of the best actor who convincing us to play such role.

His life is definitely so boring,
until he met a friend from the past, Nick, and suggesting him to come to a seminar how to be a YES man. He followed the
suggestion, and attending the seminar. He is forced to say YES by the speaker for
every opportunities he get in a year. When he was leaving the seminar, a bum
approached Carl and asked him whether he could give the bum a ride to a park.
Hesitating to answer, Nick suddenly appeared from the side of the car, and
persuaded Carl to say YES. Finally Carl let the bum to enter the car.
Surprisingly the bum asked Carl whether he could lend his mobile phone. And again,
feeling to obey the covenant he made in the seminar, he nodded and let the bum
using it. Finally when they arrived at the park, the battery of his mobile phone
was off and he found his car running out the gasoline. He was angry to himself,
wondering how fool he was to say YES to those opportunities. He had to take a
walk to the nearest gas station. And a young woman, Allison (starred by Zooey
Deschanel) riding a motorcycle suddenly came to the same gas station. She
offered him a ride to his car, and again, Carl said Yes. Both of them riding
the motorcycle in full thrilling experience and they ended the meeting with a
kiss. Started from that moment, Carl felt luck coming to his life when saying
YES to all his opportunities coming to him.

The conflict of this movie
appears when FBI suspect Carl and Allison (who had been going together after
they met accidentally in the second time) are terrorists and he had to tell
that he must say YES to all opportunities. Allison felt being betrayed and
thought that Carl had been said FALSE YES all the time. Allison said goodbye to
Carl.

Did Carl finally get her heart
back? Go watch this movie!! I do like it, and the story was based on a true
story. Funny and not as craziest as typical Jim Carrey’s movies.

Night of The Museum II – Battle of Smithsonian (2009)

Ben Stiller kembali lagi. Gara-gara film pertamanya sukses mendulang dollar, akhirnya film ini dibuat sekuelnya. (Tolong jangan ditambah lagi deh). Seperti biasa, sekuel akan sulit sekali mengejar nuansa kepuasan dalam menonton, karena dari sisi originalitas saja sudah kalah. Tapi tim produser tidak ingin mengecewakan penonton. Kalau dulu banyak patung yang kecil-kecil mendapat banyak peran, sekarang patung yang besar-besar ikut meramaikan suasana. Ceritanya patung-patung museum yang dulu ada kini mau dipindah ke gudang museum besar dan diganti hologram. Ben menyayangkan hal ini dan berusaha agar mereka tetap ada. Berbagai petualanan muncul, termasuk Firaun yang ingin menguasai dunia dengan membuka pintu gerbang neraka dengan batu ajaib yang dulu menghidupkan semua patung di situ.

Spesial efek masih bagus. Terutama untuk gurita raksasa dan Abe Lincoln. Owen Wilson dapat peran yang lebih sedikit daripada sebelumnya. Dan Ben kini nggak secupu dulu. Sekarang dia jauh lebih sukses dan lebih pede.

Lumayan ditonton bersama keluarga, cuma ada beberapa adegan kissing yang mungkin perlu dampingan dan nasihat orang tua. (Biasanya aku tutup mata anakku, hehehe).

Prison Break Season 4 – TAMAT (Dijamin Tanpa Spoiler)


Akhirnya…. Prison Break tamat sudah. 4 session yang menegangkan. Yang menggemaskan. Yang selalu dirindukan. Thanx to Adi dan Shirly yang rajin menyediakan episode demi episode cuantik dan menarik. Thanx to Paul T. Scheuring yang hebat mempermainkan emosi penonton dengan twistnya. (Sampai polanya terlihat, dan beberapa episode bisa aku tebak dengan tepat!)

Tenang… saya tidak akan memberikan spoiler..

Episode terakhir ini akan sangat berdarah-darah. Ada beberapa tokoh yang mati dalam cerita ini. Saya tidak akan memberitahukan siapa, karena akan mengurangi kenikmatan Anda dalam twist di akhir cerita.

Tapi…. kalau Anda penasaran, salah satu nama belakang pemeran tokoh yang mati ada dalam pesan yang ditutupi pesan acak berikut (cari dari depan ke belakang, atas bawah, diagonal).

ECXIQGVQJCFGMTTCKPSACFOUTKMGXCTZOQMWMIAHZSDIIAXXRL
ZBPBQNKCUSERHTHQWWIBJJDVRPMLNNCQWVHMUIVONKBPADRCVM
MMMFKBYOUNFICJCJZNAIOJMOOGPWRWPZPCFFOLWRWXEDPRXVRV
KRANIDNCKHRSTBPENTJKMZGLMFCMWTTRINVHUYOWOHVGLOWOPF
UTPLGCVLRRCXYAIZSNLMEGVDRBFRYUXASRDQZAOEAYCHHLFGJH
YARFSTNNBTVZZPFSWBLJUHKZVHEDXOQDTQFWKMBZMNTYSKKXOV
LOJDPFUJHZOBLALCTIWGSRJXKCCYNPYYPETSCCVKPMPZUGJBBZ
QMKQBDRMIQTOSCJVDJUYIMOTOPSNZVUIBBRWKSWWWZOYKUBIMB
HWAZTPFDJXPNJADMPHSINOHOHGRGTQKFTZFNGKOWZXOABTPRWR
QAPOMVMLANKVEVVHPZJHTCWKBZAMWDUQKBIMLITVYIVDWKXPIN
UXECJQJVEGBVCSQZIQKRTDVGOYEXTQZOMPMEYHPSGGZIHLLQMX
WKFLCQATNWXCRVUJJSDLXPVVFOIBIAZXKCZGCMNFBIJMXGIWXA
PLIEKKYDUVHNMSWJYMCRCDPVTFQADHGLYFXYERCBUWTTUHIWBJ
JVSKSKGPHRLPVLAXOCFHJYCERNEABELOCHBDQQPVSXYIFIQEHR
LFBWZRKAEBMAEELFTOGREAHUOQGNRAXLOMFLJCRQRDHZMPMMDZ
HBWDTPQKXMGUHYDFPTRDVBWRHVRSHVLXBYFBJWSALQIHGMPUQK
ZJMDGSPEDSXQTZPZGNVJVRFKDSLDDPNQWGXETYLUGFHCXASIRF
GHEBXIXPPRUICBNEQONQHKQGIERWUQSQGWKPHWXXKULQYVTHUA
CUWTVFXQNQBCDHVUKHLMPZKUTKGRWUWPHZAPNWWZWMJLJLOWMW
OTKPDVIRBVWRWOHMWSMLZLXTGVJIIHFOBFXUETLQAYEWFIQEPX
OMYCPZABRBPLMJPJSEYHJONJYETVCNUYRXMRVSQILQEAPWZUNO
VWAVPTUGWAVTCSUDFTHTULIXLZBHICDIEPHDBKZSIHKQKAAXSS
MZVRRSBLUNUWLDKNWCJEIBJDOQVRNHOPTMWUHRJZACXSIBRJGR
THFOSNLVQQMXGGFJSDQJYGIDGHVOGOSUBPQOMNNYKTFOFIWAUN
RGYIPLREBNIJLPWLDEHMQITXDRVFOWIICQZKZLICEEAWKLNRWL
ECWAPARVNAYOGJZUABCGJSLEKVLRAQNHRGSQDAKENTLUDADUPB
TNIRFONTEXAFKOTEXMOXYFDAKLGEVSQNESVSVSJZBUYWJWTHPM
MQZTPHYPRGBKOSXSTPWMWQJGXKVYQHFFPDHCAVAJBFFSDHTFEA
VCXOHFSJWERDMWVKSWONKCVKKGSBXNKSJCJITWXQBYRDOHHNFC
HFSFCWHRBFXNWMFMBIMKQROPUUWAILUGGJLISAAJIBPTGDFQRS
DHXLEGUVCDMGNDJHUDEWMTFICMMKDIYLDAGMEYTHKLLZPZQZXO
SWYAVXXMPEBSPCTJBUNQHODIFTFIYHSNFCLJRZWHYFXIDFBBJW
SEKCAWXPTFBUXGJBMUWADAZKWDFZZEWTUGQVETWQPBWUDANUEF
UTFKKQDLIIHTAAKMXVZHQAGOBLVGQXFLKDVXCTYZXANBZSVKQM
DMZWFYIPDONKVDBLENFQQVLOCNOLUJQKRYWIDSJXFOOXXZQFRY
BFQOHGHQHHSSFMAYKOTWTTXFYNVKJFEMCLMZTCCBLXOOEXWJAT
WRAIYLNXQTALTEBFTLDXKRZJWASBESFDIYTNXLVEWITHWOWMBO
SFZJOJSALSKGVWCTJCDLEARGFGGXQHELQLJHNCWKOVFRTFFPHM
WWKOWPMHCDROYNBPWRXDNZOOOOFLSKWYDHHMRHEKTSOHERBPTV
NUPHOLWYPTWLMLUKDAAEFAAWZOYBSBAJUSMXYGUPLMXKJTOABW
JXBUZKWIFKBJOXXCFFRZHXOWDJTKXEUITDRPBTJSEQZSZFUTIO
DYTWYHZUWRGYVBUJJQYZVTZFLAXHYYBBESUDTZZMURSPIJTZZJ
UXTNYXGYOERJBWBBKAKJRTQFHOEAIGTKXVYDLXHZFCYJSXOCXM
MUTFLVWIZIYILVCTHRXVIIUKMTXCWFZDUOWWGYBPADMHEUKKYI
VPAZDQRUDDPZNDICXDYQKFGSNCPVEAIEVPCTYLOJKRXHWKIVSV
LVEDKXCPUTEPYKPPEBQOZVJHHHQKDDGDQDOMWDXLHNKQOEWRVH
OXKBGJUKUILMPRIBMLTFFJCLFKDSLLPKWQCJUGXJQYAHVKFRTL
VOUVPDITVFHTZHMWWTLELASRWBERCZBAQBCFSKUEBXJYKNFYKN
BDWRBPFGXHPTUVJDDVUHYUIZTTHLRLZSGGZTVKNIJIIJHRYUJX
QGLKMTOGYDJXQRBHAZSMKVZKXDQMZJBLMVILLLAWSNMCALECTL
PURIIJVCTJUYVLAZYYKJMPVGFAQLVIIISYJHXQOYLOKXATLVXQ
UUGPMRLPORXMKGRHSIKVPHIKNIMEJUFWDBWOWBZDQRVAAZJQEZ
PDGLULPRSGUPGOGNTOBGJXKLNIUPAQJWHZXLCITASPHDPKENQA
EBBJBNPORLGKEOKGWEJVVXBOURHQAJDTEWGEPZFXCCWWQSXHJF
LWIJAMTSPEHMBZBZBAPJBHYLEKZYVROXDOOZGPAZENMHFIUJKW
KUMQQQQERXJNRLZCKWFYYMYYMDOUFVZSCVITXBFYJGRGTTJVNP
TNINGEGLBUDXJTKPCHBJBCYSBRWKNGHJJEJPRTBTVBJVZGUTTV
UNSQLYYCBYMATTESTQEUGKBTRTYSKKZVHRAIDRSBHMEWRXUUPP
AZMXXNSLKSDHZPCIFKNRXPMBGTLNMXOXVTPUTGDOEAMNMLJFUX
GPDDLIHSIVBORCNCPNZHOLZMSUWMPHOIFHCLCWRYDLWZKDITRQ
AKMFJDWJBRTVTAMMORDXNVKQYMTDXYIRMSMUQCOXNAHJVUJZIL
ILXTMEUCCMCSEDYRZVASDSKFASQFHPIRJIRLHFNWGVFPBQDHJS
NKTNIBJXIKZEOTWBNPNPWRQEUVYTVUASYTDPOBCFKEINCJKBXC
OPCHXSSHEBXXHSANTSXSKIQALMCTPIEBNZBJJWFNEFIRJMEMVF
UKBAFYQZUIWTMPCCFMQKWROUBPOMVSGXDJDLPTJVMBRYWBXSOC
WIOMFMFNAAAIPCOSHZOTJAOHLICYAGSNPXMLEXZSWBVPDRDOOG
GZNKMQNAVUKMVAYRFQSTPTEKBZYAPTMFCCYYUFFYOJRWQRHKOT
ISKTZQGBQYGEYBYIAODNUVOPCGMOQFUDPNVCHBZMRXXMKEVREG
EJMBZMRBGMJJJVMWIQASMCDUCITIFQEZRCKXTDDEMIINRELLIM
CNXYWBUDHLXMXTOITISZXCFTUNKHKEYIIAFDIQOIUVYBOORBNB
LJBSAINLNGGRKDORDXUZREMZTVLLCUURJXKOFNSTKXETSGNOHR
DBUUAQDYBLXGNJUIOOORAAFKCGSLYQEAZKIIOVDDEQFTRGUNQG
JAPHLSBYIXLNYPSZDPSYEWRBJVCCIMQPSTZQWEJRRDRSUHHHSO
LLZEUWPMQMCKEFAWEPSANHVCELPAMLEVIHQTVBIDDTTMOCLHQV
KYFRYDLPCXTZDCHMMYIWBNHBRGVURUIJTKIRIYAAWEEYWVSLHS
AJJVUFBFTKYDOLXKAFIRIDIHQXCLKUBRXSVPIWBDUNDWGOIROF
JTRFSTQZGFTKFCDCFUMLMVAHQMPNVMLOYDLJBFMVGIMMLVBRHS
WDDIJGMJKJMWLFQCXIGNCNSVVMUMFQXDXVMSIQFTVKTJKCCHIS
BQDSRRJAPFLGBDCFZIFAAVMGKGMGCUWUYPZQXTIDOUQSTGXVVN
XQPPNSOLAQKARSJSQXPTFARTAGBKRVAXDDHAKXQMMFYWVJMIYS
RIBDIDYEFURHLDGSZYGFKLQBROLIHYHUNAJIDSZTLEHXUCIDDB
KHZGLERSMASGXJDFAOEWYFDQQFPTCPUYVASHZPAIXPKAQFDFMD
SPVYQOZOEEBWPDWPJRQLZWPZWGANRFMPLPUFMWLYTSKFSZJMBD
YUUBMWLYLCMHKUIDGKGUCGHRAKYVNHDAPRVCHTHJUGXLXURETV
PYZAQRLSRUDCIKPHNQXULWUTVNGZEIEXFICQMJAAUXHCTXBSLO
YASZVXSGCYTULZYLKFGOROWFRTSUJBDHDFTHZQPIMOSKVLRZUR
IFEHYMJXZBBOHNDVBQBEEGZZRSSUIGDPUMWLSLXNOGYJQLLFXX
OMPLQRQWRKATGMSOXAKTFYVOXRBORKLERXSGXGVQPSUMWLUWAI
WWUTMXDQKVHFQRIJVWRSWLKFXWSMSXTHNHMSPTAOSNSFHSCGXK
HGSJLJPPMHXJHIIFRYLGDPAIITAUIMMVQIQDARFVTKSAPJWWDV
TDGCNKOYHOANQAYSGBVQGDDZEWGXGIDZMXJGJFPSJTXIBUYKKE
QVDLCCHYPXFOIIBOPJWPURJHIJBSWRKCOTNAFNVMPUALYYBUKT
LWIFFGNQJLGBVBUZBRVUIXBQQQOINAISNRIORUGRMJGKPAUBMK
KFHRIWKWGDUEFPRAYQIGALJVKSXNEPQUGWXMPPKQNJLWZTLKFD
QCDOOARKIUUFKQQPIBSJHJIENJWNPQENUYMAGDNAUPSNTHVAKJ
DFEJCCIQHIVXVBXOSKECVLMLEETJAMXNDRVUSVLDUMBVAUWUEU
PVZUYLQUOYJDKRSYQUMLXDGMELSKKTXVLDUNCKTAJMZXHFLONI
GFXKQSDDRNBNROCQLGBQJPMUYLUQTQXHEREKFPDQTJHNXRSZSY
MGPFGCFEYOPVZKZRPHIQFEQBGCTIUPTTDWROEAUIQTUIIJVFLU
PGSHBLZYBDPUEEFWBKSOPVOEUUERHSIHYZWXQBKSLHWWBYHDLL
MEMLHWTKJUJUEUHICLYIEJCNZWYAEJSLFOHRDZOVHAQGGAWTXO

Ada cara mudah untuk mengetahuinya:
1. Nonton aja filmnya
2. Googling
3. Call me
4. Bikin program dengan input semua nama belakang pemainnya. Kalau Anda dapat, dapat juga tokoh di filmnya. Hehehee..

Buat anda programmer yang merasa tertantang dengan cara Scoffield memecahkan masalah, silakan ambil cara nomor 4. Hehehe.. Meskipun Anda tahu nantinya siapa yang mati, tidak berarti Anda tahu bagaimana caranya, kan? Ingat yang mati banyak. Minimal tiga tokoh ada yang mati. Nah siapa tokoh yang mati dalam soal di atas?

Angels and Demons (2009)

Film yang diangkat dari karya Dan Brown dengan judul sama ini agak membosankan di awal, karena memang premisnya baru dipaparkan. Terus terang aku yang baru makan siang dan merasakan nyamannya duduk di Satin Blitz Megaplex jadi ngantuk. Baru 45 menit terakhir ketika Robert Langdon mulai beraksi membuat filmnya lebih asyik untuk ditonton. Tom Hanks menurutku cocok jadi Robert Langdon, namun akting Ewan McGregor lebih memikat. Dua twist di akhir film membuat film ini jadi memuaskan. David Koepp yang selalu jadi langganan membuat Screenplay film-film petualangan dan action juga menjadi jaminan dalam film ini. Castingnya OK, kecuali buat Ayelet Zurrer yang gak selutu Audrey Tautou hehehe.

7 skala 10.

Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Setelah menonton Ayat-ayat Cinta (reviewku di sini) dan Get Married (reviewnya di sini), saya kembali penasaran dengan film Hanung yang baru, Perempuan Berkalung Sorban. Film yang katanya digadang-gadang menyuarakan kaum perempuan ini ternyata menuai kontroversi ketika ditayangkan di bioskop. saya akui, idenya mungkin menarik, ingin membawa suara Kartini ke jaman modern saat ini. Bahwa perempuan tidak boleh berpuas diri berpangku tangan, dan menjadi korban kemajuan zaman. Setuju sampai di sini. Tapi cara penyampaian Hanung untuk tujuan mulia ini, buatku, sekali lagi buatku, kandas di tengah jalan. Saya tidak berani memfitnah beliau ingin menjelekkan agamanya sendiri. Namun bagi saya, film fiksi ini, yang meskipun mungkin terjadi di tengah masyarakat Indonesia – meski sangat kecil kemungkinannya, lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya. Sekali lagi, ini pendapat saya pribadi. Kalau Anda melihatnya film ini bagus demi kemajuan kaum wanita, ya silakan. Tapi bagi saya, istri saya, dan pembantu saya, kami terkejut melihat film yang dapat menimbulkan pemahaman yang salah terhadap Islam bagi kalangan yang masih awam dalam mengenal Islam. Tidak seperti beberapa rekan yang menghujat film ini tanpa menontonnya, saya ingin bersikap adil terhadap Hanung. (Saya teringat ayat dalam surat Al Maidah yang berbunyi : Hai orang-orang yang beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan). Jika ingin berkomentar, ya filmnya harus ditonton, supaya tahu bagian mana saja yang dapat disalahtafsirkan oleh mereka yang akidahnya masih labil atau orang di luar Islam, yang sudah terlanjur mendapat stigma Islam adalah agama yang mendukung laki-laki, tukang kawin dan teroris. Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan (Meutia Hatta), membela film ini dengan berdalih film ini memberikan contoh ketika Islam tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya. Sebagaimana yang saya kutip dari Detik ia berujar, “Ada yang keliru dalam memahami ajaran Islam, nilai-nilai Islam. Kalau saya menganggap ajaran saya mengajarkan kedamaian, kebaikan, keharmonisan ya itulah yang seharusnya. Dan film itu tidak menggambarkan apa yang diajarkan oleh agama Islam,” tandas putri proklamator Bung Hatta ini. Yah, sah-sah saja apa yang dikemukakan mentri Pemberdayaan Perempuan yang tidak berjilbab ini.

Ok, saya akan membahas adegan-adegan yang ada di film ini, dan bagaimana dongkolnya kami ketika menontonnya. Jika Anda berminat menontonnya dan tidak ingin mengetahui detail sebelum menontonnya, saya mengingatkan sebaiknya lanjutkan membaca tulisan saya setelah menontonnya. You’ve been warned.

Adegan konflik pertama yang melibatkan keluarga Annisa dibuka di meja makan. Annisa memprotes mengapa ia dilarang belajar naik kuda, sementara kedua kakak lelakinya diperbolehkan. Kakaknya mengatakan Annisa tidak pantas. Ora ilok kata orang Jawa.

Annisa: “Terus kenapa? Aisyah istri nabi, puteri Budur ….. mereka perempuan.. Mereka mengendarai kuda dan memimpin pasukan.”

Kakak Annisa: “Berarti mereka juga nggak pantes”.

Ayah Annisa: “Mereka bukan anak Abi. Kamu yang anaknya Abi. Anaknya Kyai.”

Annisa: “Terus kenapa kalau anak Kyai?”

Ayah Annisa: (menggebrak meja dengan keras)

Komentar: Mungkin saja ada Kyai kasar dan sombongnya tidak ketulungan seperti ini. Namanya juga manusia. Tapi kalau dalam media Film, audio visual, adegan ini bisa disalahtafsirkan. Banyak orang yang pendidikannya rendah, akan menganggap inilah ajaran Islam yang puritan. Wah ternyata Kyai itu bisa kasar sama anak dan istrinya. Bahkan lebih sombong ketimbang Rasul. Sekali lagi, film sebagai media audiovisual, yang melambangkan kekuatan teknologi dalam mengejawantahkan sastra maupun sekedar potret kehidupan, memiliki kemampuan untuk disalahartikan. Apalagi kalau tidak ada penjelasan kemudian di akhir film yang dapat menyimpulkan kalau si Kyai itu tidak benar. Atau ada karakter lain yang mengkoreksi dan memberikan argumen yang wajar. Wanita memang tampak tidak feminin kalau menunggang kuda. Tetapi menurutku, pada keadaan tertentu, wanita bisa membela dirinya dalam peperangan. Dan itu bisa diwakili dengan menunggang kuda, mengendarai sepeda motor, atau bahkan mobil. Jadi melarang menunggang kuda bagi wanita itu masih tidak masuk akal. Kalau Hanung ingin menunjukkan contoh yang salah, sekali lagi, tanpa adegan yang mengkoreksinya, akan dianggap itulah yang benar.

Adegan berikutnya lebih menggelikan lagi. Annisa sedang ada di kelas, dan menjadi salah satu kandidat dari dua anak yang akan menjadi ketua kelas. Si guru melakukan voting, yang terbanyak akan jadi ketua kelasnya. Annisa melawan Farid. Diluar dugaan, Annisa mendapatkan suara terbanyak, 12 suara, Farid hanya 11 suara. Sang Guru dengan entengnya berujar:
“Alhamdulillah, sudah selesai pemilihannya. Sekarang, karena perempuan dalam Islam tidak boleh jadi pimpinan, maka tanpa mengurangi nilai-nilai demokrasi Pancasila, maka diputuskan yang menjadi ketua kelas kalian adalah Farid!”.

Komentar: Kalau memang mau mengatakan hal ini, terus kenapa ada kandidat perempuan in the first place? Kenapa harus menyakiti hati Annisa dengan menjadikannya kandidat, toh kalau dia menang juga akan dianulir dan tidak diakui sebagai pemimpin. Kalau memang wanita tidak layak menjadi pemimpin (jika masih ada laki-laki yang sanggup), kenapa Annisa dipilih jadi kandidat? Sangat tidak masuk akal. Blunder sih saya bilang untuk adegan ini.

Coba lihat lagi ucapan Annisa ketika mencuci pakaian : “Islam tidak adil buat perempuan”. Kalimat ini diucapkan oleh pemeran utama wanita, yang selalu mendapat perlakuan diskriminatif dari awal film. Kalimat ini akan mudah diterima dan disetujui oleh penonton awam.

Berikutnya pernikahan dijodohkan, aduh jaman sekarang sudah tidak zaman sama sekali. Coba dihitung berapa persen jumlah pesantren yang anak kyainya nikahnya dijodohkan. Saya yakin jaman modern seperti ini tidak banyak yang masih membuat anaknya seperti Siti Nurbaya.

Bersambung… (karena sudah malam, review saya hentikan dulu, nanti disambung lagi. Komentar akan aku buka kalau sudah selesai. Kalau mau ngomong sesuatu, japri aja).

Solstice (2008)

Film horor ini menceritakan seorang wanita dan teman-temannya yang berlibur ke sebuah pedesaan setelah kembarannya meninggal, diduga bunuh diri. Ia mulai melihat penampakan-penampakan dan mimpi yang aneh. Apakah benar ia dihantui oleh kembarannya? Atau itu adalah hantu mayat lainnya?

Tidak menawarkan sesuatu yang baru, meski ada beberapa adegan yang mayan mengagetkan.

Tugas Bahasa Inggris – 001

Beberapa waktu yang lalu aku memposting tentang keinginanku meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisku yang pas-pasan di sini. Menonton ratusan film dengan subtitle bahasa Inggris menurutku belum cukup. Aku juga mesti berlatih menulis agar kosakata dan tatabahasa makin kaya. Kebetulan ada MPers yang berhati mulia ingin membantuku belajar bahasa Inggris secara online. Tugas pertamaku adalah menerjemahkan tulisan berikut ini ke dalam bahasa Inggris. Aku yakin tulisanku masih belepotan. Tapi kalau tidak mau belepotan, aku tidak pernah belajar. Aku tidak malu untuk bisa dan lebih baik dari hari kemarin.

Buat teman-teman MPers yang bahasa Inggrisnya bagus, sudilah kiranya membantu saya mereview terjemahan yang saya buat. Kadang saya tidak bisa menerjemahkannya secara harfiah, dan harus saya ubah kalimatnya agar mudah saya terjemahkan. Saya melakukannya karena tidak tahu cara menerjemahkannya secara lebih tepat. Mohon jika ada masukan, atau terjemahan lengkap dalam versi alternatif, atau masukan kosakata yang lebih tepat, silakan dibedah di sini.

Mas Anung, aku sudah mulai nih 😉

Ren, kalau elo baca, review yah kalau ada waktu. Thanx before.

JAKARTA, KOMPAS.com – Jakarta masih dipenuhi ceceran sampah yang dibiarkan menumpuk di sungai, saluran air, dan pasar. Tumpukan sampah ini menjadi sumber pencemaran tanah, air, dan udara.

Sampah – sampah ini juga menyebabkan masalah banjir di Jakarta tidak pernah tuntas teratasi. Akhir pekan kemarin, Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Eko Bharuna mengakui, setiap hari terdapat sekitar 2.000 meter kubik sampah tidak terangkut.

Menurut Eko, produksi yang terus menerus dan keterbatasan jumlah armada pengangkut membuat sampah sampah itu tidak terangkut dengan baik. Akibat banyaknya jumlah sampah yang tidak terangkut, volume tumpukan sampah di bantaran sungai setiap hari bertambah.

Di seluruh Jakarta, terdapat 13 aliran sungai utama dan tak terhitung jumlah anak anak sungai maupun saluran saluran pembuangan. Kasat mata, di setiap aliran air, selalu saja terlihat sampah, baik yang mengapung hanyut dalam arus atau menumpuk di sepanjang tepiannya.

===================================================================

Jakarta is still covered with garbage piling up the rivers, sewerages, and marketplaces. The scrapheap become source of soil, water, and air pollutant.

The waste causes flood issue in Jakarta never been closed. Last weekend, Head of Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Baruna, admitted that there are 2000 m3 of garbage unhandled daily.

According to him, the continuity of production and the limitation of garbage vehicle have been causing the waste being unhandled. Since the amount of unhandled waste growing more and more, the volume of the scrapheap near the river also increasing daily.

In Jakarta, there are 13 main rivers and uncountable sub rivers and sewers. Obviously, we can see waste in every water flow, floating and drifted, or piling alongside the riparian.

Bubur Ayam Barito

Buat penggemar bubur ayam, bubur ayam Barito ini lumayan nendang. Taburan daging ayamnya berbentuk persegi kecil-kecil tersebar merata di atas bubur. Dibaliknya ada cheese stick dan opsional telur yang tersembunyi di balik kehangatan bubur. Hajar dengan sedikit lada dan kecap manis sesuai selera.
Segelas teh tawar hangat menutup makan dengan rasa puas.
Cukup sebelas rebu perak.