Camping di Tambang Ayam – Anyer

Minggu lalu saya dan Dony Alpha, teman sekantor, pergi camping di Tambang Ayam, Anyer. Tadinya mau naik Gunung Pangrango, namun karena banyak rekan lain yang berhalangan, jadi kami putuskan untuk mencari alternatif kegiatan outdoor. Kebetulan sejak lama saya ingin mencoba naik kereta ke arah Merak. Seperti apa sih rasanya? Seberapa jauh? Seberapa baik kualitas keretanya? Di samping itu saya juga suka naik sepeda menggunakan sepeda lipat Doppleganger keliling kompleks rumah atau bahkan ke kantor. Jadi diputuskan kegiatan outdoor kami yaitu camping di pantai Anyer, membawa sepeda lipat, dan naik kereta! Unik, bukan? (Itu alasannya kenapa kami tidak menggunakan motor atau mobil dan tidak menginap di villa di sana).

Di Stasiun Rawa Buntu
Selfie di Stasiun Rawa Buntu

Okay, planningnya adalah sebagai berikut:

Kami masing-masing naik sepeda dari rumah ke stasiun terdekat (saya ke Stasiun Rawa Buntu, Dony ke Stasiun Kebayoran Lama). Tempat bertemunya di Stasiun Tanah Abang, karena kereta menuju Merak berangkat dari Tanah Abang, yaitu Kereta Kalimaya. Karena kami tidak tahu bahwa kalau ke Anyer jalur terdekat harus turun di Stasiun Krenceng, kami akhirnya turun di ujung, di Stasiun Merak. Namun kami tidak kecewa tiba di sana melihat indahnya pantai di dekat pelabuhan sana. Kereta berangkat dari Stasiun Tanah Abang pukul 9:30 dan sekitar 11:30 sampai di sana.

Setelah istirahat sambil menjamak sholat Dzuhur dan Ashar, kami melanjutkan perjalanan dengan naik sepeda. Sekitar 4 km dari Merak kami berhenti di warung Muncul Jaya, yang menjual sate dan sop khas Tegal. Sop dan sate ayam yang kami pesan sangat memuaskan dalam hal rasa dan harga. In shaa Allah ingin mencoba kembali ke sini lain kali.

Sup Ayam 13 ribu
Sup Ayam 13 ribu – super nampol

Setelah bersepeda sekitar 18 km, melintasi kawasan industry Krakatau Steel, perjalanan dengan sepeda lumayan berat. Siang hari sangat terik, jalan penuh debu, bersaing dengan bis dan truk besar. Sepeda Dony sempat bermasalah di pedalnya untungnya mendapat bantuan dari para supir di kawasan KS sehingga bias melanjutkan perjalanan. Begitu keluar dari kawasan industri kaki saya mengalami kram. Langsung saya tempel koyo agar hangat. Dalam waktu 5 menit kembali normal. Waktu sudah menunjukkan jam 4 sore. Kami masih cukup jauh menuju Pantai Tambang Ayam, sekitar 20 km lagi. Jika dipaksakan menggowes sepeda, maka ada resiko sampai sana matahari sudah tenggelam, akibatnya akan kesulitan mendirikan tenda. Kebetulan di dekat tempat kami berhenti ada angkot berhenti, dan langsung kami sewa membawa kami dan sepeda ke sana. Setelah tawar menawar dari angka 150 rb, deal di angka 100 rb. Cukup murah karena kalau angkot penuh bisa 10 orang. Ini hanya diisi kami berdua dengan sepeda dan tas carrier.

Sampai di Tambang Ayam, Dony bernegosiasi untuk biaya camping di sana. Harga yang disepakati akhirnya 60 ribu rupiah. Villa 3 kamar di dekat tempat kami mendirikan tenda dibandrol 1.7 juta. Jauh sekali bedanya, ya? Cocok bila membawa banyak keluarga untuk menginap di sana.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Setelah mendirikan tenda yang dipinjami teman kami yang merupakan senior pendaki gunung, Marvin, kami menjamak sholat maghrib dan isya, lalu mandi, dan menyiapkan makan malam. Menu makan malamnya adalah kornet dan rendang yang dibawa dalam bentuk kalengan. Dony memotong bawang sementara saya yang memasaknya. Dua pekerjaan yang bertahun-tahun tidak pernah kami lakukan. Hahaha..

Karena telah menempuh perjalanan sekitar 25 – 30 km di hari itu dengan naik sepeda walhasil makanan ini cepat sekali habis. Nasi? Hehehe tinggal pesan di warung sebelah. Minumnya kelapa muda batok. Maknyus tenan! Tinggal order, sampai ke tenda.

Menjelang malam sekitar pukul 9 turun hujan lebat dengan angina kencang. Alhamdulillah tendanya tidak terbang. Air sedikit masuk di pojok-pojok tenda, tetapi tidak mengganggu kami tidur.

Keesokan paginya, setelah sholat subuh kami menggelar matras di luar tenda untuk menjerang air panas untuk minum teh walini rasa leci. Tidak berapa lama kemudian datang seorang ibu menjual nasi uduk dengan topping telur mata sapi atau bulat balado dan bakwan goreng plus bawang gorengnya. Seporsi nasi uduk dengan telur dan bakwan cuma 8000 perak saja. Rasanya lebih enak ketimbang nasi uduk yang dijual di atas Gunung Gede yang sebenarnya nasi kuning yang agak hambar dengan bakwan saja. Tidak lama kemudian eh datang penjual otak-otak. Kalau di resto satunya 3500 perak di sini lebih besar cuma 1250 perak. Ya udah kami beli juga untuk dinikmati sambil menyeruput hangatnya teh.

Berikut ini adalah pemandangan pagi yang saya ambil dengan iPhone.

View dari pantai
View dari pantai
Indahnya ciptaan Allah
Indahnya ciptaan Allah
Bermain di pantai
Bermain di pantai
Memandang laut
Memandang laut

Pukul 9 kami selesai packing untuk menuju Stasiun Cilegon. Karena tahu bisa naik dari Cilegon kami tidak menuju Merak namun langsung ke Cilegon dengan angkot. Di Cilegon sampai jam 11 siang, itu berarti masih ada waktu sekitar 2.5 jam sebelum kereta berangkat. Akhirnya kami kuliner di Cilegon sambil menunggu kereta datang. Kami mencoba RM Sate Cilegon. Yang kami pesan adalah Empal Genthong, Es Kuwut, Sate Kambing, Sop Buntut, dan tahu tempe. Yang enak adalah Es Kuwut dan Empal Genthongnya. Tahunya juga enak. Yang kami tidak cocok adalah sate kambing dan tempenya. Jadi buat Anda yang mau mampir ke Sate Cilegon dekat Masjid Agung Cilegon (pinggir jalan), bisa pesan Es Kuwut, Empal Genthong, Sop Buntut, dan tahunya.

Sate kambing dan tempe sebaiknya tidak usah dipesan. Silakan coba menu lainnya.

Setelah energi terkumpul kami ngebut ke Stasiun Cilegon untuk menanti kereta Kalimaya tujuan Tanah Abang. Sempat jadi perhatian para penumpang di sana. Mereka mungkin membatin, ini turis dari mana sih pake sepeda segala naik kereta? Hihihi.. Di stasiun kami coba mengambil beberapa gambar.

Kesimpulan dari perjalanan ini:

  • Jika ingin naik sepeda, pastikan menggunakan sepeda lipat, bukan sepeda MTB karena tidak diperbolehkan naik ke kereta. Di angkot juga akan susah jika mau sewa.
  • Pastikan turun di Krenceng atau Cilegon kalau naik kereta menuju ke Anyer. Tidak perlu ke Merak, kecuali ingin melihat pelabuhan yang indah di sana

Bawa:

  • tenda yang anti angin kencang dan anti air. Mahal sedikit tidak apa, apalagi kalau ringan sekali (tenda merk Consina ada yang ultra light, sehingga ringan dibawa). Harganya saja yang lumayan berat. Sewa tenda juga banyak di internet. Murah sekali, namun pastikan tidak bocor.
  • matras atau tikar plastic untuk alas dan duduk di depan tenda
  • obat-obatan sesuai keperluan pribadi
  • Senter dan lampu penting untuk penerangan
  • jas hujan untuk antisipasi hujan di sana
  • peralatan mandi
  • uang secukupnya
  • kamera atau hp untuk mengabadikan perjalanan
  • pastikan sepeda diservis sebelum digunakan seminggu sebelumnya
  • kereta Kalimaya ada power outlet, jadi bisa charging HP atau Power Bank di gerbong!
  • beli tiket seminggu sebelumnya, bisa lewat tiket.com atau ke website KAI, atau ke Indomart terdekat. Kalau di tiket.com bisa menentukan kursi yang akan dipesan.Letakkan sepeda di gerbong aling-aling. Lega!

Selamat berpetualang! Punya pengalaman berpetualang juga? Bagikan di komentar di bawah, ya!

32 tanggapan untuk “Camping di Tambang Ayam – Anyer”

  1. ABach Avatar
    ABach

    Photo2 HDR nya makin bikin kisah perjalanan ini jadi tambah dramatis… mantabbbsss…

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Makasih banyak Om… thx to you!

      Suka

      1. Andi Avatar
        Andi

        Wah, mantab Pak blognya… Jd pgn, apalagi lg pandemi gini cr yg nyepi.

        Ini lokasi pasnya dmn sih Pak? Sy nyari di Google map blm ketemu…

        Disukai oleh 1 orang

      2. wisnuwidiarta Avatar

        Saya juga lupa tepatnya hahahaha.. ada kok kalau dicari Tambang Ayam. Coba cari sekitar ini : https://m.traveloka.com/id-id/hotel/indonesia/pondok-pantai-tambang-ayam-3k-3000010019370

        Suka

  2. Yos Beda Avatar

    Capeknya perjalanan terbayarkan dengan indahnya pemandangan ya mas 🙂

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Betul sekali Mas Yos… Salam kenal!

      Suka

  3. dini Avatar
    dini

    Kuwut ice nya seger banget kelihatannya… Bikin ngileeerrrr :p

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Bangeeeeed Din!

      Suka

  4. ceritariyanti Avatar

    Wis, keknya salah judul deh, mendingan kulineran sambil camping… 😀 makanan mulu isinya saya kan jadi lapaaarrrr…. hahaha…

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Karena kuliner adalah pondasi semua perjalanan…. qiqiqiqi

      Suka

  5. Yulius Rianto Avatar

    pantainya bersih ngak mas ?

    Suka

  6. Anisa Permatasari (@_anisap) Avatar

    mas, mau nanya. stasiun cilegon itu letaknya dekat dgn masjid raya nya kah? Bisa kan ya naik angkot dari sana ke anyer? terima kasih sebelumnya mas

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Betul Mbak Nisa. Stasiunnya dekat dengan masjid Cilegon. Dari sama mestinya banyak alternatif kendaraan umum ke Anyer.

      Suka

      1. Anisa Permatasari (@_anisap) Avatar

        oh oke mas. terima kasih infonya 🙂

        Suka

      2. wisnuwidiarta Avatar

        Salma-Salma and share your story yaaa

        Suka

  7. Widjajanti Mala Avatar
    Widjajanti Mala

    wah keren banget kalian …. berpetualang, kayak lima sekawan aja … emang punya sepeda lipet utk ber eksplorasi lebih oke … sebenernya banyak pemandangan yang bagus kalau blusukan ke gunung disekitar anyer …. tp waktunya musti lebih lama kali ya …. itu tenda beratnya berapa kilo ya? lumayan juga gowes sambil ngangkut barang … emang, angkot solusi yg oke banget …. selamat berpetualang lagi yaaa ….

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Aduh makasih bangedddd.. Ini lagi nyari lagi tujuan wisata yang bisa buat naik sepeda lagi. Harus dicombo ama kereta kalau gak nggak kuat hahaha

      Suka

  8. fadilah holikul Avatar
    fadilah holikul

    mas mau nanya, kalo untuk nge camp disana kita perlu bayar tempat nya ke pengelola atau tidak mas?
    terima kasih masl

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Waktu itu bayar dan murah kok semalam 50 rebu.

      Suka

  9. Nur aini Avatar
    Nur aini

    Mas, mohon infonya utk MCK nya, apakah tersedia? Bagaimana kondisinya?
    Utk pembayaran biaya camping, dibayarkan ke pengelola atau siapa ya? Trims

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      MCK ada, meski gak luks. Dipakai juga bagi pendatang yang berenang di pantai kok. Pembayaran camping ada yg jaga kok di sana.

      Suka

  10. dee Avatar
    dee

    selamat siang om Wisnu

    Mau tanya, kalo mau camping apakah tendanya sudah ada yang menyediakan?
    Kemudian untuk harga sewa-nya gmn, apakah sudah ada standard harganya atau pintar2 kita nego?
    Kemudian pantainya apakah cocok jika mengajak keluarga yang masih punya anak kecil?
    Kemudian untuk mobil yang masuk ke kawasan pantai, apakah dikenakan biaya lagi? berapa biayanya? apakah perorang atau langsung 1 paket?
    Maaf kalo bertanya terlalu banyak, soalnya saya tertarik camping disana dengan anak-anak.

    Salam,
    Dee

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Tendanya belum ada Mbak Dee..

      Beli aja di toped, saya kemarin beli 2, untuk kapasitas 6 orang dengan layer single, cuma 200 ribuan. Tinggal beli fly sheet buat antisipasi hujan saja.
      Waktu saya ke sana naik sepeda, jadi info lainnya saya tidak tahu.
      Tempatnya cocok buat anak-anak kok.

      Suka

    2. @ratwulandari Avatar
      @ratwulandari

      Pantainya cocok buat anak kecil, kecuali kalo tahun baru, soalnya bakalan penuh full padet macet dan bau asap kembang api gak reccomended ( pernah taun baruan dipantai pake tenda semaleman ngehirup asap kembang api, besoknya sekeluarga batuk seminggu lebih baru sembuh,
      Kalo taun baruan mobil masuk htmnya 100rb – 125rb dihitung permobil, kalo weekend biasa 50-75rb. Biaya perorang tidak dihitung lagi.
      Kalo tenda jarang sekali ada yg menyewakan di cilegon, di bandung sih banyak ya, tp saya punya 3, size 2 dewasa. Dan yg besar size 10 orang

      Disukai oleh 1 orang

      1. wisnuwidiarta Avatar

        Wah iya kalau malam tahun baru… saya waktu ke sana pas bukan hari libur besar

        Suka

  11. siswo Avatar
    siswo

    om wisnu

    mau tanya kalau lokasi nendanya bisa masuk mobil gak ? krn sy biasa camping dgn roof tent yg nempel di roof mobil ?

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Bisa deh keknya, tapi mungkin gak bisa terlalu dekat ke pantai.

      Suka

  12. Berkemah di Situ Gunung | Untold Contemplation Avatar

    […] Bandung, 2. Sukamantri, Bogor 3. Gunung Lembu, Purwakarta 4. Cipamingkis, Bogor 5. Guci, Tegal 6. Tambang Ayam, Anyer 7. Cidahu, […]

    Suka

  13. FreddJensen Avatar
    FreddJensen

    2014
    Sepeda Lipat
    Foto HDR (pakai picsart kan? Hehe)

    Terimakasih atas tulisannya, mas. Membangkitkan memori saya.

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Lupa pake apa HDR-nya. Kayaknya pake Snapseed deh.

      Sip… sama-sama..

      Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

I’m Wisnu Widiarta

Welcome to My Untold Contemplation blog, my cozy corner of the internet dedicated to all of my activities in social activities, outdoor sightseeing, watching movies, playing board game, and photography. If you share my interests, please connect or share your thoughts in my posting.

Let’s connect