Camping di Agathis Camp – Cidahu – Sukabumi

Beberapa waktu yang lalu saya dan teman-teman kantor berkesempatan camping bersama di Agathis Camp, Cidahu, Sukabumi. Tempatnya dekat dengan Gunung Salak. Proses evakuasi jatuhnya Sukhoi beberapa waktu silam dimulai dari daerah ini. Kalau mau lihat posisinya di peta, lebih kurang sebagai berikut. Tempat camping ini juga dekat dengan perkemahan Batu Tapak dan Bravo Camp.

Img2
Peta arah dari Jakarta ke Camp Agathis

Meskipun naik kendaraan bila lancar cukup sekitar 2 jam saja ke lokasi, namun kami memutuskan naik kereta dari Stasiun Paledang – Bogor untuk menghindari kemacetan. Selain itu juga lebih santai dan lebih menyenangkan saja sepertinya bila naik kereta.

Stasiun Paledang letaknya persis setelah Stasiun Bogor kalau dari arah Jakarta. Saya dan beberapa rekan menginap di orang tua Pras, di daerah Sasak Panjang. Pertimbangannya agar cukup istirahat malam sebelum berangkat (malam Sabtu), karena jadwal kereta yang kami pilih Sabtu pagi, jam 8 pagi kurang lima menit. Kami naik angkot ke stasiun, lalu naik KRL ke Stasiun Bogor. Dari Stasiun Bogor kami keluar dan berjalan kaki menuju Stasiun Paledang.

stasiun_depan

paledang

Buat yang ingin mencoba naik kereta ini, sebaiknya membeli tiketnya secara daring via situs web atau lewat toko penjual rekanan PT. KAI, karena trayeknya lumayan diminati masyarakat. Dengan tiket yang dibandrol hanya 20 ribu perak, penumpang akan mendapat tambahan diskon 5 ribu perak bila beli secara daring. Jangan lupa bawa KTP karena tiket yang sudah dibeli akan dibandingkan identitas namanya. 

tiket

Keretanya bersih, ada AC split, bebas asap rokok, dan bisa pesan makanan. Tidak heran banyak penumpang yang memilih naik kereta untuk pergi ke Sukabumi.

di kereta

Makan nasi goreng atau pop mi sambil minum kopi atau es teh manis adalah salah satu pilihan buat menghilangkan lapar bila belum sarapan. Saya sempat membeli beberapa pisang goreng yang ada di sekitar stasiun, cocok untuk cemilan. Ngobrol dan makan di kereta membuat perjalanan sekitar satu jam tidak berasa. Tahu-tahu kami sudah sampai di Stasiun Cicurug.

cicurug

Dari Cicurug kami mencarter dua angkot menuju lokasi. Sekitar 30 menit sudah sampai di tempat.

di angkot
Di dalam angkot

Setelah sampai di tempat parkir, kami harus berjalan kaki sekitar 15 menit menuju lokasi. Lumayan juga kalau membawa anak-anak karena jalannya naik turun. Yang agak disayangkan, Camp Agathis tidak memberi papan petunjuk arah yang jelas dari tempat parkir hingga lokasi. Berbeda dengan Camp Bravo yang memberikan petunjuk dari awal hingga lokasi sehingga tidak perlu membuat kami bertanya kepada penduduk setempat lokasi tepat Agathis Camp.

agathis camp
Sampai di lokasi

Salah satu kata kunci berkemah adalah permainan yang direncanakan dengan baik. Apalagi jika kita mengajak anak-anak yang pada umumnya mudah bosan bila lama tidak ada aktivitas. Pastikan banyak media permainan bila membawa anak-anak, misalnya:
– layang-layang
– drone
– bumerang
– kasti
– aneka board game
– dart
– dsb

Jika ada organizer, panitia bisa menyiapkan permainan yang seru, sesuai dengan usia pesertanya. Pada saat kami camping, panitia sudah menyiapkan berbagai games seru, misalnya:
– peserta dibagi dalam beberapa group, masuk ke sungai, berlomba mengeluarkan bola pingpong dalam bambu yang berlubang
– melempar pisau ke kayu (sepertinya mudah, ternyata cukup sulit)
– latihan kerja sama tim dan kepercayaan. Ketua regu memimpin anak buahnya melewati halang rintang di mana semua anak buahnya ditutupi matanya dan melewati berbagai rintangan
– latihan melakukan tulup

carlos
Carlos menulup

Setelah puas bermain, kami diajak berenang dan bermain air di sungai tak jauh dari tempat lokasi berada. Banyak anak SD yang senang berenang di sana sebagai hiburan murah meriah.

boys
Dion, Irfan, Tedi, dan Dony Alpha
smiling boys
Gak ada elo gak rame

Malam harinya kami mengadakan acara api unggun dengan membakar sosis, bermain kartu domino, dan menembangkan lagu-lagu dengan iringan gitar dan cahon. Ada yang ngobrol sambil mneyeruput susu jahe dan roti bakar. Aih asyiknya.

Keesokan paginya, setelah sarapan kami berangkat ke air terjun yang jaraknya sekitar 30 menit dari lokasi. Kami melewati Camp Bravo dan Camp Batu Tapak. Kedua tempat tadi sekilas lebih bagus dari Camp Agathis. Mungkin lain kali mencoba kedua tempat tadi.

Camp Agathis memiliki dua tempat terpisah, bagian depan dan bagian belakang. Yang bagian depan adalah tempat kami menginap, lebih kecil namun diapit dua sungai. Asyik juga untuk bermain air dan makan siang sambil menikmati gemercik air. Sesuatu yang sulit didapat di belantara beton ibu kota.

Dari sisi fasilitas cukup lumayan. Ada toilet yang cukup bersih meski lokasinya agak naik ke atas. Kalau malam sebaiknya membawa penerangan, misalnya senter.

Dari pengalaman camping sebelumnya, saya masih paling suka di Rancaupas, Ciwidey, Bandung. Alasannya ada pemandian air panas, penangkaran rusa, paint ball, flying fox di atas danau, trekking ke bukit, sepeda, dan banyak warung makan.

Tempat favorit berikutnya adalah di Sukamantri, Bogor. Tempatnya luas, tidak berundak-undak seperti di Agathis, cocok buat anak-anak (Agathis ini memang lebih cocok untuk outbound bersama kolega daripada bersama keluarga). Lokasi Sukamantri yang tidak jauh dari Jakarta juga menjadi alternatif pelepas lelah di akhir pekan.

Pembaca, di mana lokasi favorit camping kalian? Share ya di komentar berikut ini…

 

19 tanggapan untuk “Camping di Agathis Camp – Cidahu – Sukabumi”

  1. mysukmana Avatar
    mysukmana

    Wah lokasinya asik ya mas.penuh petualangan..pengen mandi di kolam yg ada anak SD ny

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Seger masss aku aja ikut lompat hehehe

      Disukai oleh 1 orang

  2. omnduut Avatar

    Sayang jauh banget kalau mau ke air terjun di Sumatera Selatan ini >.<

    Suka

  3. omnduut Avatar

    6 sd 8 jam dari kota Palembang mas Wisnu

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Ya Allah jauhnyaaaaaaa.. Yang dekat apa dong? Sungai dan pantai?

      Suka

  4. bawangijo Avatar

    Belom pernah camping, hehehe.. Ada yang masih single gak sih ini? #kemudianngumpet

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Aih gak cuma yang single yang available. Yang double juga ada yang available hahaha

      Suka

  5. Dony Avatar

    Bagus ulasannya, jadi pengen camping nih…coba Batu Tapak yuk next time

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Makasih Kang… Ayuuuk Batu Tapak!

      Suka

  6. winnymarlina Avatar

    kalau ramai2 seru ya mas jalan2nya

    Suka

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Setuju.. Tapi jangan sampai kalau gak rame jadi gak jalan hehehe

      Suka

  7. nvziw Avatar

    Aduh, itu adek2 yang lompat ga pada pake celana ya kang. Gak disensor yah Hehehehehe….

    Terima kasih atas sharingnya kang wisnu, ini bisa jadi reverensi buat yang lain termasuk juga saya.

    Saya juga suka ngumpulin info tempat wisata nih

    Tempat Wisata Jawa Barat
    Info Hotel dan Destinasi Tempat Wisata
    Tips Kesehatan Dan Kecantikan

    Suatu kehormatan buat saya bila kang wisnu mau berkunjung.

    Terima kasih 🙂

    Disukai oleh 1 orang

    1. wisnuwidiarta Avatar

      Situsnya keren! Salam kenal!

      Suka

      1. nvziw Avatar

        Terima kasih kang…
        salam kenal juga

        Disukai oleh 1 orang

  8. Berkemah di Situ Gunung | Untold Contemplation Avatar

    […] Oh ya, buat kalian yang baru pertama kali mampir dan pengen kepo pengalaman berkemah saya sebelumnya, monggo dibaca di pranala berikut ini: 1. Ranca Upas Ciwidey, Bandung, 2. Sukamantri, Bogor 3. Gunung Lembu, Purwakarta 4. Cipamingkis, Bogor 5. Guci, Tegal 6. Tambang Ayam, Anyer 7. Cidahu, Sukabumi […]

    Suka

  9. CAMPING GROUND CIDAHU Avatar
    CAMPING GROUND CIDAHU

    Terima kasih anda telah berkunjung di Agathis Camp, salah satu area camping di CAMPING GROUND CIDAHU….

    untuk info lebih lanjut mengenai CAMPING GROUND CIDAHU, silahkan hubungi : 0838 – 1810 – 3360 ( call / WA )

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

I’m Wisnu Widiarta

Welcome to My Untold Contemplation blog, my cozy corner of the internet dedicated to all of my activities in social activities, outdoor sightseeing, watching movies, playing board game, and photography. If you share my interests, please connect or share your thoughts in my posting.

Let’s connect