Berkemah di Kebun Jati – Caringin – Bogor


Tidak seberapa lama dari pengalaman berkemah di Vila Biru Pancawati Caringin Bogor, saya kembali mencoba camping ground tidak jauh dari situ, yaitu di Vila Kebun Jati, yang sama-sama terletak di Pancawati, Caringin, Bogor. Posisinya lebih tinggi dari Vila Biru, namun masih di bawah Kopi Daong.

Lokasi Perkemahan

Sebenarnya tadinya saya mau mencoba Puncak Halimun yang berlokasi di atas Kopi Daong. Namun tetangga satu RT tiba-tiba mengajak saya ke Kebun Jati pada hari yang sama. Akhirnya saya alihkan ke Kebun Jati, Pancawati, Caringin, Bogor ini. Walhasil ada tiga keluarga dari RT kami yang berkemah di sini.

Untuk menuju ke Vila Biru atau Vila Kebun Jati kita bisa menggunakan Google Maps atau Waze. Perjalanan menuju ke Caringin ini relatif tidak macet setelah keluar dari tol, paling jika hari libur akan bersaing dengan pengunjung yang akan pergi ke Kopi Daong. Tapi dibandingkan ke Puncak saya rasa relatif lancar.

Dari jalan besar menuju lokasi akan ada jalur satu arah, yang untungnya dipandu oleh petugas di sana. Jadi jangan khawatir ketika ada yang mau turun dan naik akan ada petugas yang memberi tanda untuk jalan atau menunggu.

Tempat berkemah dengan pemandangan terbaik ada di dekat pintu masuk dan pos loket tiket menginapnya. Anda akan disuguhkan pemandangan gunung yang menjulang tinggi di siang hari dan lampu perkotaan yang indah di malam hari. Kelemahan tempat ini adalah lokasinya agak miring sehingga hanya menyisakan daerah di pinggiran ujung yang agak datar. Ada akses toilet sekitar tiga pintu di dekat situ.

Pemandangan dekat pintu masuk di siang hari
Pemandangan di malam hari

Fasilitas yang tersedia di sini lebih lengkap daripada di Vila Biru yang saya bahas di postingan sebelumnya. Selain vila, toilet dan listrik, di sini juga banyak kafe dan warung makanan yang buka dari jam 8:00 pagi hingga sore. Bahkan ada tempat penjualan souvenir, kolam renang, mini zoo, dan taman bermain yang Instagramable. Mari kita lihat fasilitas yang menjual makanan dan minuman di Kebun Jati ini.

Di pagi hari, anggota keluarga bisa diajak berenang dan berfoto di taman bermain.

Tempat ini sebenarnya terbagi dua kepemilikan, Bu Vivi (0815-8613-8970) dan adiknya. Bu Vivi mengelola camping ground, berbagai kafe, dan lima kamar vila yang ada di sebelah kiri jalan, sedangkan adiknya mengelola kafe, vila, dan taman bermain di sebelah kanan jalan. Untuk area camping ground sebenarnya sangat luas, namun peletakan lokasi toilet masih belum terdistribusi dengan baik, sehingga ada bagian yang jika kita berkemah di sana, butuh jalan kaki cukup jauh untuk mencapai toilet terdekat. Seharusnya di bagian paling ujung dalam disediakan setidaknya tiga pintu toilet agar tidak perlu jalan kaki jauh dan naik turun karena kondisinya dibuat terasering. Di ujung hanya disediakan sebuah keran air yang bisa dimanfaatkan untuk berwudhu.

Pemandangan tenda kami di malam hari

Toiletnya bersih dan ada yang memiliki 18 pintu.

Toilet bersih

Biaya sewa lahan untuk mendirikan tenda adalah 35 ribu per orang per malam, jika mobil dekat tenda, bayar tambahan 100 ribu. Harga ini baru naik beberapa waktu sebelum saya datang. Sebelumnya tidak dikenakan harga tambahan 100 ribu. Sepertinya untuk mengkompensasi lahan mobil yang seharusnya bisa menjadi tenda buat orang lainnya. Harga ini sudah termasuk akses toilet dan listrik. Untuk fasilitas mini zoo dan kolam renang harganya berbeda lagi.

Dari sisi keindahan, Kebun Jati menawarkan lebih daripada Vila Biru. Pemandangan lebih lepas dan luas untuk area dekat loket. Untuk area di dalam pemandangannya adalah Kebun Jati Tapos dan bagian belakang kafe yang ada sarana bermain untuk anak-anak.

Oh ya, bangun pagi kalau menginap di sini. Nikmati kesegaran udara yang luar biasa. Jangan khawatir dengan perut yang keroncongan, karena biasanya ada penjual bubur ayam dengan motor yang

Berikutnya saya ingin menjajal Puncak Halimun, salah satu tempat berkemah tertinggi yang ada di daerah Pancawati, Caringin, Bogor ini.

Sampai jumpa pada petualangan berikutnya, pastikan Like dan Subscribe, ya!

Diterbitkan oleh wisnuwidiarta

Hi, my name is Wisnu Widiarta. I am a movie lover and love traveling especially camping and doing outdoor activities. Coding and problem solving in general are things I love as well.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: