Hati-hati dengan Kartu Kredit Shopping Card Permata


Beberapa minggu lalu aku ditawari kartu kredit Shopping Card dari Permata Bank. Tawarannya adalah belanja di sembarang supermarket dan makan di sembarang restoran (termasuk Warteg – kalau menerima credit card) akan diberikan cash back 10%. Belanja minimal 12,5 juta per tahun bebas iuran tahunan. Menurut saya tawaran ini sangat menarik. Mengapa? Belanja bulanan dan makan di restoran bisa lebih dari sejuta dan optimis bisa memenuhi target tersebut. Dari penawaran telemarketing tersebut aku langsung mengiyakan untuk dibuatkan kartu kreditnya. Begitu datang kartunya, aku baca aturan main di buku petunjuknya, dan terkejut ketika ada aturan penting yang tidak disampaikan pada waktu ditawari kartu kredit ini. 10% cash back baru akan diberikan apabila total belanja restoran dan supermarket maksimal 10% dari total belanja bulanan. Jadi misal belanja di supermarket dan restoran total 1 juta. Total tagihan bulan itu untuk semua macam transaksi adalah 10 juta. Karena persentase belanja supermarket dan restoran tepat 10%, maka cash back 10% senilai 100 ribu akan diberikan. Bagaimana bila belanja total bulan itu 4 juta rupiah? Itu berarti total persentase resto dan belanja melebihi 10%, yaitu 25%. Maka cash backnya adalah 1% dari total belanja, yaitu 1% * 4jt = 40 ribu rupiah. Nah buat saya jadi tidak menarik lagi. Apalagi info penting ini tidak disampaikan pada saat ditawari via telemarketing. Langsung saja saya telepon ke Call Centernya untuk membatalkan kartu saya dan aku gunting menjadi beberapa bagian. Informasi perhitungan bisa dilihat di situs Permata Bank di sini.

Hati-hati kalau ditawari produk ini, atau dari kartu kredit lainnya. Selalu baca dengan teliti aturan main agar sama-sama enak antara produsen dan konsumennya.

35 respons untuk ‘Hati-hati dengan Kartu Kredit Shopping Card Permata

  1. pak Wisnu, saya mau minta tolong, apakah boleh kasus pak wisnu saya bahas dalam skripsi saya,kebetulan saya sedang menyususn skripsi mengenai penyalahgunaan kartu kredit.tetapi saya membutuhkan form aplikasi perjanjian kartu kredit bapak,apakah boleh pak?terima kasih..

  2. Pak Wisnu,
    saya baru saja juga dihubungi pihak permata. saya tertarik karena kartu ini disebutkan bebas biaya tahunan seumur hidup. ternyata tidak tepat seperti itu setelah saya baca langsung di webnya. beruntung belum jadi apply. terimakasih infonya ya pak.

  3. JUDUL: PERMATA HERO CARD ASAL CETAK KARTU

    Saya pemegang permata shopping card 55430260002x8xx6 pada hari ini selasa 13 november 2012 dikejutkan dengan datangnya kartu permata hero card yang saya tidak pernah apply dengan credit limit gabungan dengan shopping card saya.
    Saya sangat tersinggung dengan cara bank permata menerbitkan kartu untuk saya tanpa saya minta apalagi dengan limit gabungan dengan kartu yang sudah ada. apa seperti ini cara card center permata mencari nasabah? memaksa dengan asal menerbitkan kartu? apa sudah seputus asa kah card center mencari nasabah? atau memang tidak laku lagi permata bank disaat sekarang? sehingga main cetak kartu dengan alasan nasabah terpilih?
    Jikalau memang nasabah terpilih pasti limit yang diberikan tidak akan di gabung sehingga nasabah yang katanya ” terpilih” juga bisa “memilih” untuk mengatifkan atau tidak kartu yang diberikan asal cetak tersebut. Karena buat apa bayar iuran dengan 2 kartu yang sama hanya beda nama (shooping dan permata hero tapi dalam satu bank) apalagi dengan limit yang sama pula? Saya gak habis pikir sama cara pikir card center? Saya rasa nasabah tidak bodoh seperti yang permata kira selama ini. Terima kasih.
    W HANDOYO
    5543 0260 0002X8XX6
    centralinnova@gmail.com

    1. Hati2 dengan permata kk..krn saya baru tahu..meskipun limit gabungan iuran tahunan tetap ditarik..apalagi 3 kartu jdnya 1.2 juta…dan tidak bisa dihapus kata customer service nya waktu saya telp..iuran tahunan hanya free th 1 aja

  4. Pak wisnu tolong kartu shoping card saya kan sdh habis sejak jan 2014, segera di ganti lahh kirim yg baru lagi, masa sdh 3 bulan belum ada yg baru kk lain sebulan blm selesa sdh kirim yg baru gmn nich…no. kk shoping card saya : 5408 8940 0014 1864 maaf…kl mau dikirim ke alamat ini… saja Asep Rachmat Setiawan d.a/ bidan kasnawati kantor puskesmas haurngombong jl. simpang parakan no 1. samping kantor desa haurngombong kec, pamulihan kab, sumedang. mengingat saat ini rumah sering kosong.

  5. Pak Wisnu, wah kasus lama ya ternyata.
    saya kena juga nih dari kartu kredit permata… tiba2 dikirimin kartu hero permata tanpa ada konfirmasi apapun.
    bulan lalu saya ada kesalahan bayar kartu , saya bayar ke kartu yang tidak ada tagihan, dan itu saya tidak sadari. setelah 1 bulan berlalu kaget tiba2 di telp sama Permata agar segera melunaskan pembayaran kartu yang satu nya, dan saya dikasih tau kalau saya ada kesalahan melakukan pembayaran ke kartu yang tagihannya nol rupiah.
    Disitu sama CS nya agar dibikin surat keterangan minta dari pihak permata agar mendebitkan kartu saya ke yang satu lagi, aneh nya lagi dari pihak permata minta agar saya segera melunaskan pembayaran bulan september yang dimana jatuh tempoh nya tanggal 27 september 2014.
    Sangat aneh tagihan saya belum terima masa saya di telpnin terus untuk dibayar, saya sudah jelas2 bilang bagaimana saya mau bayar jika tagihan belum dikirim. saya sudah sampai minta 3X agar tagihan saya dikirimkan ke email,dan sama CS cuma di jawab baik akan di email.
    Kan lucu sangat, kelebihan bayar dari pihak permata nya diam2 malah ampe sebulan ( berbunga tuh kalau di bank ) giliran kita tidak dibayar mereka telp terus minta dibayar kayak diteror…. Ampun dah sama permata kartu kredit ini.

  6. Yah.. Dah niat apply permata hero.. Tapi dapet info bgini..
    Hm.. Apa semua KK punya jebakan batman ya pak? Terlihat menggiurkan, tapi ujungnya menjerat..

  7. tadinya mau buat KK, waktu baca info ini jadi ….
    btw, KK bank apa nih om yang bagus dan pas untuk karyawan swasta?
    thank’s buat info nya

  8. Saya waktu itu ditawarin selama pake payroll permata free iuran tahunan,ternyata setelah saya pake kartu kredit 1 thn kena iuran tahunan padahal pake payroll permata..komplain ke permata malah dibilang gak ada spt itu…

    1. wah.. Pak Dimas kasusnya sama dengan saya.
      sy komplian ke permata, katanya ga ada.. malah ditanya nama pegawainya … lah mana inget ya, lagian ini kartu juga tiba2 aja nongol di kantor. akhirnya tu kartu udah taq cancel.

  9. Gratis biaya Free iuran tahunan permata hero card asal belanja total dalam 1tahun 15jt untuk kartu silver n casback lumayan jika kita sering blanja banyak bulanan.. N penukarannya gampang jika kita sering blanajdi giant hero n guardian. Bisa dpt grts dengan menngunakan cash back..apalagi kalau lg ultah giant.. Seluruh cash back permata hero card yg diblanjakan diultah giant..akan dikembalikan sebesar 100persen dibulan depannya..
    Sy bukan sales permata 🙂 hanya sharepengalaman aja..

    1. Mba Tina sy punya cashback permata hero nih, gimana cara nukerinnya, apa pas kita mau bayar dgn kk bilang sy mau byr pake cash back gitu apa gimana..?

  10. Saya tertarik karna kata nya proses pembuatan permata hanya 3 hari saja , hari ini saya di telp orang orang permata untuk konfirmasi (21 sept 15) kira kira berapa lama saya bisa mengetahui kartu saya di setujui atau tidak ? Terima kasih

  11. Mas firdaus..cara gunakannya gampang..tinggal blanja di giant,hero,guardiam..biasa kasir bakal menanyakan apa kita mo makai cash back nya apa tidak?langsung jwb aja iya..bila ingin digunakan..Misal blnjaan kita 200rb cash back yg dipunya 200rb… Kita gk byr apapun… Alias gratis… Tp kalo blnjaan lebih besar ya tetep byr selisihnya 🙂
    Oh iya 25-27ini ada pengembalian cash back 100persen …hahaha…asalll….cash back yg kita pny min 750rb..n cash back akan dikembalikan bulan berikutnya…

  12. Sama, saya juga ditelp Bank Permata bulan Mei 2017 dan mendapatkan kartu kredit permata, tapi sudah 3 bulan masih belum dapat kartunya, katanya sudah 2 kali datang… Padahal saya selalu di tempat dan Kurirnya tidak pernah menelpon saya. Bagaimana Dia bisa bilang saya tidak ditempat. Saya sudah menghubungi permatatel 3 minggu yang lalu, tapi sudah telpon 6 kali ke permatatel tidak ada gunanya, malah habis pulsa…. Permatatel seperti robot, cuek, kapok deh terima permintaan kartu kredit bank permata…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s