Arsip Blog

5 Hal Positif dari film The Last Word (2017)

Nonton film ini semalam atas undangan dari Mbak Angela Ponggeng, Movie Distribution and Marketing Indonesia Entertainment Group di CGV Grand Indonesia. Saya sangat senang mendapat kesempatan menonton film yang berisi harta karun. Harta apa sih? Pesan moral yang bagus, yang bisa memotivasi diri kita agar lebih baik. Ada banyak jenis film, dari yang hanya buat seru-seruan gak ada isinya, tapi menghibur, sampai ke film yang bisa memberikan pencerahan hidup kita. Kamu tipe apa? Penikmat film asal “rame”, atau bisa menerima segala macam bentuk film yang beragam? Saya sendiri suka hampir semua genre film. Bring it on. Semakin aneh, semakin unik, semakin nge-twist, saya makin suka.

Img2

Film The Last Word termasuk film yang bila kita serius nikmati, akan membawa pesan yang sangat-sangat dalam. Film ini menceritakan tentang Harriet Lauler (diperankan Shirley MacLaine, saudara perempuan Warren Beatty), seorang wanita usia lanjut yang sempat meraih kesuksesan sebagai pebisnis di bidang periklanan yang kesepian. Ia mencoba bunuh diri dengan pendekatan OD, namun gagal. Ketika anggurnya tumpah di meja makan membasahi koran, tak sengaja ia melihat tulisan obituari orang lain yang baru meninggal. Ia membayangkan dirinya yang mati, namun ia tak dapat menemukan hal-hal positif yang dapat dituliskan untuknya. Akhirnya ia mencoba meminta Anne Sherman (diperankan Amanda Seyfried), wartawan “Bristol Gazette”, yang biasa menulis obituari, untuk menuliskan obituarinya selagi ia masih bernafas!

Img3

Ternyata menuliskan obituari buat seseorang yang masih hidup macam Harriet yang control freak dan menyebalkan ini bukan pekerjaan trivial. Dari mantan suami, kolega, anak, dan semua temannya tidak ada yang memberikan komentar positif akan kehidupan Harriet.

Dari sinilah titik balik kehidupan Harriet dimulai. Ia tahu bahwa obituari yang bagus harus berisi tentang kenangan indah keluarga dan koleganya terhadap dirinya. Ia juga harus punya pengaruh positif dalam kehidupan seseorang dan ia harus punya sesuatu yang positif yang menggambarkan dirinya untuk dikenang selamanya. Nah di sinilah kita harus belajar. Usia seseorang tak pernah kita ketahui. Kita tak tahu kapan harus pergi meninggalkan dunia ini. Obituari apakah yang kita inginkan orang tulis ketika kita meninggal nanti? This is the very JLEB moment for each of us. Kita mau dikenang sebagai orang yang baik? Jahat? Tidak amanah? Menyebalkan? Adakah legacy yang kita tinggalkan buat masyarakat? Adakah ilmu yang bermanfaat? Banyakkah manfaat kita buat sesama? Film bergenre drama komedi ini seakan menampar kita, woy sampai detik ini kamu nyebelin apa ngangenin sih orangnya? Apakah kamu mau menunggu jadi renta baru mau taubat?

Img4

Harriet akhirnya mendapatkan realita pahit sebagai titik tolak dalam hidupnya untuk mencoba mengisi sisa hidupnya dengan kenangan yang indah. Berhasilkah dia untuk mendapatkannya di akhir hidupnya? Ataukah justru dia semakin terpuruk dan tenggelam dalam kesinisan perangainya?

Film dengan durasi 108 menit ini tidak hanya menampilkan sisi drama, namun juga komedi. Beberapa adegan akan membuat kita terbahak atau tersenyum dan seakan sesekali menertawakan diri kita sendiri.

Ada setidaknya 5 hal positif yang bisa saya bawa pulang setelah menonton film ini:

1 – Jangan takut mengambil resiko

Salah satu favorit quotes dalam film ini adalah:

“Are you willing to take a risk to do something stupid?”  …. or…..

“Are you willing to take a risk to do something great?”

2 – Hidup adalah saat kita menuliskan cerita yang akan dibaca orang lain ketika kita mati kelak

Tuliskan jalan cerita hidup kita sepositif mungkin, mulai sekarang, jangan menunggu tua.

3 – Beranilah untuk gagal

Jangan takut gagal, karena dari kegagalan kita belajar. Belajar menjadi lebih baik, belajar mencari cara lain untuk mencapai mimpi kita, dan belajar keluar dari zona nyaman.

4 – Bersikaplah santun kepada sesama

Mengumpat dan berkata yang buruk akan menimbulkan aura negatif. Berkata sopan dan baik lebih mulia untuk menyampaikan hal yang sama daripada memilih kata-kata kotor yang menyakiti orang lain.

5 – Pada akhirnya, bukan harta yang membuat kita bahagia, namun orang terdekat kita, yaitu keluarga

Harriet mencoba bunuh diri di usia tua jauh dari suami dan anak kandungnya. Semua terjadi karena pilihan hidupnya. Akankah kita membiarkan kita berlaku semaunya asal kita happy? Mentang-mentang : ini diri saya kok. Saya ya emang begini. Ini alasan saja sebenarnya agar kita tidak mengubah tingkah laku buruk kita. Jangan dong ah. Kalau buruk ya kita perbaiki. Bisa kok, meski sulit di awalnya.

Saksikan film yang tayang di CGV dan Cinemaxx mulai Rabu depan, 19 April 2017, sebagai tontonan alternatif selain film seru yang  mulai tayang pada hari ini, The Fate of The Furious. Film horor asyik, film kebut-kebutan juga asyik. Tapi hidup kita bukan cuma yang asyik-asyik. Kita butuh pencerahan dalam hidup, untuk meningkatkan kualitas hidup kita.

Selamat menonton!

The Book of Life (2014)

Film ini menurut saya adalah film animasi terbaik 2014 sampai saat ini. Masih menunggu Big Hero 6 yang juga mau tayang, apakah bisa mengalahkan atau tidak. Produser film ini adalah sineas kawakan favorit saya, Guillermo del Toro, yang memikat penonton melalui film Pan’s Labyrinth (El Laberinto del Fauno), Hellboy, Mimic, Hobbit, dan Pacific Rim. Dari film ini dan Hellboy, saya bisa menyimpulkan del Toro memang orangnya romantis. Adegan Hellboy yang jatuh cinta dan Manolo di film ini yang jatuh cinta dengan Maria, luar biasa memikat.

Tadinya agak ragu dengan poster filmnya. Kok too colorful? Setelah melirik rating di IMDB dan Rotten Tomatoes peringkatnya meyakinkan, langsung nonton bersama anak-anak. Hasilnya, saya beri rating max. 10/10.

[Awas di bawah ini ada sedikit sinopsis yang mungkin mengandung spoiler. Tapi tenang, akhir cerita tidak akan dibeberkan di sini]

Film ini menceritakan tentang legenda di Mexico, bahwa penguasa surga dan neraka bertaruh untuk bertukar tempat. Taruhannya mengenai tiga anak kecil, dua lelaki dan seorang perempuan, bernama Manolo, Joaqin, dan Maria. Xibalba penguasa neraka menjagokan Joaqin akan menikahi Maria, sementara La Muerte menjagokan Manolo. Manolo lahir dari keluarga matador, di mana membunuh banteng adalah martabat dan harga diri. Sayangnya, Manolo berhanti Rinto. Dia suka musik dan tidak suka kekerasan. Satu hal yang membuat stress ayahnya. Sementara itu Joaqin adalah putra pahlawan setempat yang tewas di tangan Chakal, bandit kejam yang suka menyerang San Angel. Maria sendiri merupakan seorang anak wanita yang sayang kepada hewan dan cenderung memberontak. Sampai-sampai karena ulahnya, Maria disuruh ayahnya sekolah ke Spanyol dan berpisah dengan kedua sahabatnya.

Beberapa tahun kemudian, Maria pulang, sementara Manolo dan Joaqin sudah dewasa. Manolo dilatih ayahnya menjadi seorang matador handal, sementara Joaqin berprestasi dengan menjadi pahlawan di kotanya melawan angkara murka dengan kekuatannya. Manolo dan Joaqin bersaing keras untuk merebut cinta Maria. Hingga salah satu dari mereka harus mati karenanya.

Siapakah yang mati di film ini? Siapakah yang berhasil menikahi Maria? Tonton film ini bersama keluarga.

Terus terang film ini sangat-sangat menghibur. Alasan saya begitu menyukai film ini adalah:

  1. Lagunya begitu indah, seksi ala Spanyol, dan sangat romantis. Lagu-lagunya sebagian besar dikarang oleh Gustavo Santaolalla, peraih 2 Oscar, Babel dan Brokeback Mountain. Golden Globe jangan dibilang. Pokoknya magnifico dan esplendido!
  2. Humornya banyaaak.. bikin ngakak dan menghibur sepanjang film! Sutradaranya turut menulis skenarionya yaitu Jorge R. Gutierrez. Kocak abis!
  3. Gambar hasil special FX dari REEL FX benar-benar mengagumkan. Colorful dan begitu indah!
  4. Temponya pas, tidak lambat dan selalu menarik di tiap adegan!

Manolo disulihsuarakan oleh Diego Luna (The Terminal, Y Tu Mama Tambien), Maria oleh Zoe Zaldana (The Terminal dan Avatar), sementara Joaqin oleh Channing Tatum (White House Down, 21 Jump Street). Xibalba disuarakan oleh Ron Pearlman (Hellboy)!

Mau lihat trailernya?

Mau denger lagunya yang asyik?

Nih liriknya:

I Love You Too Much
Diego Luna & Gustavo Santaolalla

I love you too much
to leave without you loving me back
I love you too much
heaven’s my witness and this is a fact

I know I belong
when I sing this song
There’s love above love and it’s ours
’cause I love you too much

I live for your touch
I whisper your name night after night
I love you too much
There’s only one feeling and I know its right

I know I belong
when I sing this song
There’s love above love and it’s ours
’cause I love you too much

Heaven knows your name and I’ve been praying
to have you come here by my side
Without you a part of me is missing
Just to make you my whole life will fly

I know I belong
when I sing this song
There’s love above love and it’s ours
’cause I love you too much

I love…. you too much
I love you too much
Heaven’s my witness and this is a fact
You live in my soul
Your heart is my gold
There’s love above love but its mine ’cause I love you
There’s love above love and it’s yours cause I love you
There’s love above love and it’s ours if you love me as much

Eh mau yang versi Spanyolnya?

Te Amo y Más
Diego Luna & Gustavo Santaolalla

Te amo y más de lo que puedes imaginar
Te amo además como nunca nadie jamás lo hará.
En esta canción, va mi corazón
Amor más que amor es el nuestro y te lo vengo a dar

Te miró y más, y más y más te quiero mirar
Te amo y sabrás puro sentimiento y no hay nada más
Y sueno llegar a tu alma tocar
Amor más que amor es el nuestro y te lo vengo a dar

Ruego a Dios tenerte a mi lado
Y entonces poderte abrazar
Si no estas aquí algo falta
Yo por ti pelearé hasta el final

Y sueno llegar a tu alma tocar
Amor más que amor es el nuestro y te lo vengo a dar

Te aaaaamo y más!
Te amo y sabrás como nadie yo te amara
En esta canción yo veo quien soy
Amor más que amor es el mío y lo siento
Amor más que amor es el tuyo y presiento
Amor más que amos es el nuestro
Si tu me… lo das

Meski ini semua umur, namun kebudayaan bukan dari Indonesia. Selepas film saya berdiskusi dengan Rayyan, anak saya yang kelas 6, untuk membahas mana nilai-nilai yang baik yang bisa diambil dan mana yang buruk yang harus kita saring. Berdiskusi seperti ini penting karena dia harus belajar menganalisis apa yang dia alami, lalu mengambil hikmah terbaik, dan tidak asal meniru walau kulitnya menarik.

Film ini JOZZ GANDOZZ, sangat menghibur, dan gue banget. 10/10.

 

 

Weekly Photo Challenge: Future Tense

This week’s challenge is Future Tense. Actually for me it is not an easy theme to participate. Although there are some hints how to do it but finally I got an idea that will match with the topic for everyone who join the challenge. The death.

 

Everybody's future

Everybody’s future

 

Just like in my believe, Islam, everyone of us will find death as our future. It’s not a big deal to die, it’s important how we live our life before we die. All of these following verses were conveyed 15 centuries ago…

"Every soul shall have a taste of death: And only on the Day of Judgement shall you be paid your full recompense. Only he who is saved from the Fire and admitted to the Garden will have succeeded. For the life of this world is but goods of chattels of deception" (al-Imran 3:185)

"Every soul shall taste death. And We test you by evil and by good by way of trial. To Us must you return." (al-Anbiyaa 21:36)

"We did create man from a quintessence of clay; Then We placed him as a drop of sperm in a place of rest firmly fixed then We made the sperm into a clot of congealed blood; Then of that clot We made a lump; Then We made out of the lump bones and clothed the bones with flesh then We developed out of it another creature. So blessed be Allah the best to create after that, you will die. On the day of judgement you will be raised up again." (al-Muuminun 23:12-16)

"Wherever you are, death will find you out. Even if you are in towers built up strong and high." (al-Nisaa 4:78)

"Why don't you intervene when the soul of the dying man reaches the throat and you sit looking on but We are nearer to him than you are but you do not see. Then why don't you, if you are exempt from future account, call back the soul if you are true in your claim of independence? If the dying man be of those nearest to Allah, there is for him rest and satisfaction and a garden of delight. And if he be of the companions of the right hand for him is the salutation `Peace be unto you from the companions of the right hand' And if he be of those who treat truth as falsehood, those who go wrong, for him is entertainment with boiling water, and burning in hell fire. Verily this is the truth and certainty. So celebrate with praises the name of Thy Lord, The Supreme." (al-Waqia 56:83-96)

"O you who believe let not your riches or your children divert you from the remembrance of Allah and whoever do this the loss is their own. And spend in charity out of the substance which we have bestowed on you before death should come to any of you and he would say `O my Lord why don't You give me a respite for a little while? I should then have given largely in charity and I will be one of the doers of good. But to no soul will Allah grant respite when the time appointed for it has come and Allah is well-acquainted with all that you do." (al-Munafiqun 63:9-11)

"When death comes to one of them, he would say `O my Lord send me back to life in order that I may work righteousness in the things I neglected.' - `By no means! it is just a word he says.' - Before them is a partition till the day they are raised up"(al-Muuminun 23:99-100)

"And those in whose wealth there is a recognized right for the needy and the destitute and those who believe in the truth of the Day of Judgement and those who fear the displeasure of their Lord. For their Lord's displeasure is one against which there is no security."(al-Maarij 70:24-28)

 

Let’s prepare our end of blogging with good deeds, be kind to each other, respect each other, and make this world better!

 

Wafatnya Pak Damiri Bin Sugari

Pagi ini kami dikejutkan dengan wafatnya Pak Damiri Bin Sugari. Beliau adalah paman dari istriku yang tinggal di Pondok Cabe. Dulu waktu aku menikah beliaulah yang mencetakkan undangan pernikahannya. Orangnya sangat baik dan perhatian kepada kami.

Berikut ini adalah foto-foto pada saat pemakaman beliau di Pondok Cabe.

Selamat jalan, Pak Damiri, semoga Allah SWT mengampuni segala dosamu dan menerima semua amal ibadahmu di dunia ini…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. (Ali Imron: 185)

Dan Dialah yang mempunyai kekuasaan tertinggi di atas semua hamba-Nya, dan diutus-Nya kepadamu malaikat-malaikat penjaga, sehingga apabila datang kematian kepada salah seorang di antara kamu, ia diwafatkan oleh malaikat-malaikat Kami, dan malaikat-malaikat Kami itu tidak melalaikan kewajibannya. (Al-An’aam: 61)

Katakanlah: “Aku tidak berkuasa mendatangkan kemudharatan dan tidak (pula) kemanfa`atan kepada diriku, melainkan apa yang dikehendaki Allah.” Tiap-tiap umat mempunyai ajal. Apabila telah datang ajal mereka, maka mereka tidak dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukan (nya). (Yunus: 49)

Katakanlah: “Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa) mu akan mematikan kamu; kemudian hanya kepada Tuhanmulah kamu akan dikembalikan. (As Sajadah:11)

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. (Al-Anbiyaa:35)

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (Al-Ankabuut: 57)

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Luqman: 34)

Allah memegang jiwa (orang) ketika matinya dan (memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya; maka Dia tahanlah jiwa (orang) yang telah Dia tetapkan kematiannya dan Dia melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang ditentukan. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir. (Az Zumar 42)

Kutipan Quran disalin dari sini.