Manfaatkan Fitur RSS Blog Favorit Anda


Skip blog ini kalau Anda sudah terbiasa menggunakan RSS FEED.


RSS feed itu singkatan dari RDF Site Summary, ada yang bilang Really Simple Syndication, juga ada yang bilang Rich Site Summary. Eniwei, bahasa awamnya adalah suatu fitur yang memungkinkan kita mantengin blog yang kita sukai sedemikian hingga, kalo ada artikel baru atau artikel yang belum dibaca, kita jadi ngeh tanpa harus bolak-balik mengunjungi situsnya. Mungkin kalo blog favoritnya ada di MP gak masalah, karena biasanya setiap posting akan muncul dengan setia pada Message Board. Nah kalo blog favoritnya ada di tempat lain, mau gak mau kita mesti rajin nyamperin satu-satu.

Nah, di sinilah RSS beraksi. Alih-alih kita nge-refresh situs idola kita, yang mungkin jumlahnya lebih dari satu, kita bisa kumpulkan ringkasan dari blog itu dalam satu tempat atau wadah saja. Jadi tidak perlu klik satu-satu situs idola kita melalui bookmark atau cache di browser kita.

Ada beberapa cara memanfaatkan RSS Feed. Di antaranya adalah:
1. Dari browser anda. Contohnya dari Firefox, ada dua cara. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Live Bookmark. Klik menu Bookmarks, pilih Manage Bookmark, terus pilih menu File, New Live Bookmark. Nah alamat feednya berasal dari alamat url yang ada di gambar RSS 2.0 itu (atau link lain yang menyebutkan feed RSS), contohnya untuk RSS feederku adalah

Cara menyalinnya gampang, tinggal klik kanan, Copy Link Location, trus pas nambahin feednya, tinggal tekan CTRL-V (Paste). Udah deh, 25 artikel terbaru akan muncul di situ. Artikel yang udah dibaca biasanya berganti icon.

Cara lain dengan Frefox adalah mendownload plugin RSS Reader, misalnya menggunakan Wizz RSS 2.1.3 yang bisa diinstal dari sini. Jika instalasinya berhasil, maka akan ada Sidebar baru yang bisa diakses dengan menekan ALT+S. Pada bagian Public List, klik kanan, dan pilih Add Category untuk mengelompokkan blog-blog idola Anda. Misal: BLOG MULTIPLY, BLOG TYPEPAD, BLOGGER, FRIENDSTER, dsb. Trus pada category tsb, klik kanan utk menambahkan Channel. Channel adalah blog yang akan Anda panteng. Tambahkan Channel Name dan Channel URL. URL adalah alamat feed tadi.
Udah deh keliatan. Yang ijo artinya belum pernah dibaca dari RSS feeder itu, dan kalo merah udah kebaca.
Gampaaang kan???

Itu dari browser (firefox). Nah buat Anda yang suka gonta-ganti komputer, misalnya suka pinjem kompie tetangga untuk ngeblog. Mungkin nggak enak kalo ngubah-ubah setting browser punya orang. Ada solusi lain, yaitu mantengin blog idola dari situs ini. Tinggal daftar, konfirmasi email, trus login ke situs itu. Pada bagian My Feeds, tambahkan RSS Feedernya. Bahkan Anda bisa share ke semua orang blog favorit yang Anda punyai! Cool kan?

Selamat naik feeder busway.. eh make RSS feeder!