Kedai 1001 Mimpi

Cover Kedai 1001 Mimpi

Buku ini tidak sengaja aku dapatkan di Gramedia Teraskota beberapa minggu yang lalu dan langsung tertarik! Ditulis oleh Valiant Budi, dia menuliskan di halaman awalnya:

Kedai 101 Mimpi berdasarkan kisah nyata. Beberapa nama dan tempat saya samarkan demi perlindungan dan permintaan. Saya tak memintan Anda untuk percaya. Silakan cari data atau buktikan sendiri.

Buku ini bisa dibilang Arab Saudi Undercover. Banyak hal yang mencengangkan tidak pernah dibayangkan bisa terjadi di sana. Valiant menulis buku ini sambil bekerja menjadi seorang barista di sebuah Caffe terkenal di penjuru jagad raya, cabang Saudi tentu saja. Sempat disangsikan oleh pewawancara pada saat melamar kerja karena riwayat pekerjaan sebelumnya yang berbeda jauh, Valiant akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan itu.

Dibawakan dengan bahasa gaul, kisah ini terasa renyah dan begitu asyik dinikmati. Setiap hari berangkat kerja, dari menunggu kereta di stasiun, gelantungan di krl, sampai naik ojek, aku tetap membaca kisah menarik ini! Ada kesedihan mengetahui bangsa kita yang terlanjur dicap inferior, ada kegetiran ketika ia tidak mendapatkan keadilan di tempat kerjanya, dan ada tawa ketika ia bertemu dengan rekannya sebangsa setanah air.

Nikmati kisah seru Valiant yang nyaris diperkosa oleh homo-homo di sana, pesta liar dengan teknologi canggih tanpa deteksi polisi, persaingan tidak sehat di tempat kerja termasuk kecurangan dan ketidakprofesionalismeannya, hingga diganggu hantu Arab!

Buku ini tidak ditujukan untuk mendeskritkan Islam. Tidak. Tapi lebih menunjukkan budaya Arab yang lebih ditekankan pada kejahiliahannya, agar kita yang mau kerja di sana lebih siap lahir dan batin. Tidak heran air mata ini menitik untuk kesengsaraan para TKI Indonesia yang sering dipancung atau diperkosa atau disiksa atau tidak dibayar sebagai budak abad 21.

Skor: 9/10.

Cover Kedai 1001 Mimpi
Cover Kedai 1001 Mimpi

4 respons untuk ‘Kedai 1001 Mimpi

  1. Aku udah baca buku ini. Love it so much!! Recommended deh pokoknya!! Buku ini bikin aku ketawa ngakak, tapi juga miris waktu tau tentang perlakuan yang diterima TKI di Arab sana, plus geleng-geleng kepala & terkaget-kaget dengan kelakuan orang Arab di buku ini.
    Buku ini juga bikin saya tambah bersyukur karena lahir dan besar di Indonesia, bukan di Arab! haha..
    Buat saya, membaca buku ini rasanya hampir mirip dengan saat membaca My Stupid Boss (1-4) di mana semakin ‘menderita & mengenaskan’ cerita si penulis, semakin lucu dan bikin ngakak pembaca. Diam-diam saya berharap si Vibi akan kembali merantau ke negeri ajaib lainnya dan membagi ceritanya untuk kita di buku selanjutnya. hehehe..

      1. Hmmm.. both are good!! hehe.. Baca My Stupid Boss (1-4 & Fans Stories) bikin ngakak sampe guling-guling, terutama kalo ga pernah ngadepin boss yg super ajaib. Bagi yang punya boss yg 11-12 sm boss di MSB, biasanya jadi merasa biasa-biasa saja waktu baca buku itu (fakta dr pengalaman suami & temen).
        Menurut aku, MSB itu full komedi, sedangkan Kedai 1001 Mimpi lebih ke drama tp berbumbu komedi. I like them both! ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s