Cracking Zone (Rhenald Kasali)

Cracking Zone

Buku Rhenald Kasali ini menginspirasi kita untuk tidak terlena dengan comfort zone. Betah di zona nyaman sebenarnya manusiawi. Tapi mereka yang terlena dan terus dininabobokan dengan zona nyaman, tidak akan bertumbuh. Karena syarat bertumbuh adalah keberanian untuk berubah. Tentu saja tidak selamanya perubahan selalu berujung dengan keberhasilan. Perencanaan dan strategi yang matang akan membuat peluang kita sukses lebih besar dan bukannya gagal seperti berharap elang di angkasa, punai di tangan dilepaskan. Bahkan kegagalan pun bisa menjadi pengalaman berharga untuk tetap bertumbuh.  Bayi terbiasa mendapatkan asi ibunya, namun setelah dua tahun dia harus lepas dari zona nyaman dan butuh adaptasi untuk bertumbuh selanjutnya, dan memasuki zona nyaman yang lain. Intinya jangan cepat puas dan selalulah memotivasi diri agar hari ini harus lebih baik dari kemarin. Itu yang bisa saya ambil dari buku ini.

Serunya, Profesor Rhenald Kasali memberikan contoh industri telekomunikasi Indonesia yang memberikan gambaran proses keluar dari zona nyaman. XL yang dulunya ranking tiga setelah Telkomsel dan Indosat melakukan gebrakan yang dipimpin jajaran manajemennya yang membuat celahan (cracking) atau peluang di industri telekomunikasi. XL yang dulunya nyaman di telko premium kualitas bagus namun coverage terbatas, berpindah ke telko yang menerapkan asas freemium yang memukau dengan tarif gila 1 rupiah per detik setelah 2 menit percakapan. Murahnya biaya telekomunikasi ini diimbangi dengan pembangunan tower yang membuat coveragenya meluas dengan jaringan yang bisa mengantisipasi lonjakan jumlah pelanggan. Gebrakan ini bukan hasil sulapan semalam, namun dari formula gila 123 Hasnul Suhaimi yang memimpin XL. 123 ini berarti menyatukan XL menjadi nomor 2 dalam tempo 3 tahun. Ia juga membentuk tim Blue Thunder yang dia tantang untuk melawan proposal tarif yang bisa menggebrak dunia telekomunikasi. Komunikasi dengan bawahan dia permudah sehingga dia banyak menjaring ide segar. Pemimpin yang ingin bertumbuh harus berani melakukan gebrakan. Intinya, dalam dunia informasi yang serba cepat ini, kita harus pintar membuat celahan atau peluang baru agar bisa sukses.

Banyak sekali quote yang dikutip dan sangat membakar semangat seperti:

  1. Manusia efektif berfokus pada peluang, bukan pada masalah
  2. Chicken stays, eagles fly
  3. Nilai manusia ditentukan pada seberapa banyak yang ia ciptakan, bukan yang ia kumpulkan

Buku ini merupakan salah satu buku yang sangat memuaskan setelah dibaca dan mengobarkan motivasi diri untuk tidak cepat puas dan selalu berkarya dengan cara inovatif. Sangat direkomendasikan buat Anda yang suka bertumbuh menjadi lebih baik dari sebelumnya!

Cracking Zone
Cracking Zone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s