Skyfall (2012)


Seri terbaru dari franchise James Bond yang ke-23 (official) ini merombak total seluruh jajaran karakter dari paradigma James Bond sebelum era Daniel Craig. Ceritanya ditulis tanpa berpatokan dari novel Ian Fleming oleh Neal Purvis, Robert Wade, dan John Logan yang sudah langganan nominasi Oscar. Skyfall, bukan salah satu judul novel Ian Fleming, tidak seperti dua film Craig sebelumnya, Casino Royale dan Quantum of Solace.

Kali ini Bond mendapat tugas yang sangat berat terkait serangan terorisme via dunia maya terhadap MI6. Bayangkan saja kalau data agen rahasia dimuat di YouTube. Satu demi satu agen rahasia mati dalam tugasnya. Bond harus melacak siapa di balik dalang ini karena terkait dengan masa depan MI6. Berbeda dengan seluruh kisah sebelumnya, kisah kali ini berkonsentrasi pada sejarah masa lalu M.

Saya beruntung mendapat tiket IMAX pada hari pertama di deret D tengah, membuat seolah-olah ikut berada dalam adegan aksi laganya. Ciri khas Bond ala Daniel Craig, adegan awal sudah disuguhi adegan laga gila-gilaan yang memompa adrenalin kita. Skyfall menjadikan adegan laga trilogi Bourne + 1 legacynya terasa cupu. Bayangkan saja, 12 menit adegan awalnya, dikerjakan dalam waktu dua bulan untuk memfilmkannya dan tiga bulan untuk latihan!

Dari jajaran sutradara, Sam Mendes (American Beauty, Road to Perdition), menggebrak dengan menyajikan film superlaga, meski beliau lebih dikenal piawai membesut film drama. Soundtrack dipercayakan kepada Adele, yang memberikan suara khasnya dengan nada soundtrack Bond yang unik pula.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Untuk sebuah film laga dan James Bond reborn, film ini layak mendapat 9 dari skala 10.

Iklan

Posted on November 1, 2012, in Ulasan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: