Tasker – Aplikasi untuk Mengotomasi Android Anda


Salah satu teman saya, Dhiku, menyarankan sebuah aplikasi yang cukup keren, bernama Tasker.Aplikasi ini bisa diatur sedemikian rupa sedemikian hingga bila ada suatu kejadian terjadi kita bisa membuat smartphone Android kita melakukan sesuatu. Aplikasi ini memang tidak gratis, tapi menurut saya harganya sangat pantas jika dilihat kemampuannya. Memang pada awalnya akan membutuhkan learning curve untuk mempelajari event apa saja dan task apa saja yang bisa dikonfigurasikan. Kunjungi websitenya untuk melihat contoh dan memulai untuk mencobanya. Memang aplikasi ini tidak untuk semua orang. Namun, jika ada kemauan, bisa kok asalkan mau belajar. Buat yang memiliki latar belakang pemrograman, Tasker adalah mainan yang mengasyikkan.

Contohnya:

Mematikan Panggilan Ketika Sibuk

Kalau Anda sedang meeting atau sholat, Anda ingin telepon Anda tidak berbunyi, kan? Dengan aplikasi ini saya dapat meminta:

  1. Volume dering ditiadakan
  2. Kirim SMS ke pemanggil, misalnya : Maaf, saya sedang tidak bisa mengangkat telepon. Silakan SMS atau Whatsapp saja ya.
  3. Matikan panggilan telepon tersebut secara otomatis

Untuk melakukan hal ini saya tinggal membuat event yang saya beri nama “Sedang Tidak Bisa Telepon” menjadi ON. Kalau sedang bisa menerima telepon tinggal diset menjadi OFF. Mudah, kan?

Mencari HP Anda

Misal Anda punya dua HP. Ketika Android anda sedang dibuat GETAR atau SILENT sama sekali, dan Anda mencarinya, maka Anda bisa dibuat frustasi. Dengan tasker, jika dering HP tidak berbunyi, Android bisa diminta berteriak, misalnya: Missing me? I am here, Wish Knew! Suara ini bisa dibuat hanya dengan melakukan miss call dari HP Anda lainnya. Untuk membuat tidak sembarang Miss Call memicu teriakan ini, pastikan hanya nomor favorit (starred) yang bisa mengaktifkan fitur ini. Jika Anda tidak mengaktifkan fitur filter SMS Spam dari Samsung, sebenarnya Anda bisa menggunakan fitur SMS. Kirim saja sms ke nomor Android Anda, dengan teks: where are you, misalnya. Lalu dia akan teriak. Kebetulan fitur SMS Spam saya aktifkan, sehingga ketika ada sms, event ini tidak diterima Tasker.

Memberitahu Bila Baterai Sudah Penuh Ketika Dicharge atau Harus Dicharge

Bila sudah penuh, Android akan berteriak: Please unplug the charger. Battery is full. Sebaliknya kalau lowbatt bisa mengingatkan : Charge the battery!

Melakukan Rotasi ON Pada Aplikasi Tertentu

Pada saat Anda menonton YouTube atau Browsing atau melihat gambar di Gallery dan Anda merotasi HP Anda tapi Anda lupa menyalakan Rotasi Mode = ON, Anda bisa mengkonfigurasi aplikasi mana saja yang properti ini akan diset ON. Demikian juga kalau membuka Google Maps, Android bisa mengingatkan untuk menyalakan fitur GPS.

Menyapa Anda Ketika HP Menyala

Ketika baru dinyalakan Android bisa mengucapkan salam: Assalamu ‘alaikum Mas Wish Knew! Hehehe.. HPnya bisa dibuat Islami 🙂

Saat ini baru itu saja yang sudah dikonfigurasikan di Tasker saya, mungkin seiring berjalannya waktu akan saya tambahkan lagi sesuai kebutuhan, in shaa Allah akan saya bagikan di sini.

Anda juga punya Tasker? Apa konfigurasi yang sudah Anda atur? Silakan berbagi di komentar di bawah, ya!

Action List

Action List

Iklan

Posted on Februari 24, 2014, in Tips, Ulasan and tagged , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Waah langsung jadi tulisan …. Program bagus nih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: