Kards – Permainan Strategi dengan Kartu Digital Bertemakan Perang Dunia Kedua


Halo gaes, bagaimana kabar kalian? Masih tetap semangat kan di masa pandemik Korona ini? Pedomannya mudah sebenarnya. CUMA JAJAJA. Apa itu?

  1. Cuci tangan dengan bersih
  2. Pakai Masker
  3. Jaga jarak
  4. Jaga kesehatan
  5. Jangan keluar rumah bila tidak penting

Ok, sebagai penyuka permainan strategi, kali ini saya ingin berbagi mengenai permainan strategi kartu digital yang baru diluncurkan April 2020 yang lalu, setelah sebelumnya dapat dimainkan dalam versi beta selama lebih kurang satu tahun lamanya. Permainannya dinamakan Kards.

Tampilan menu utama Kards

Kards merupakan jenis CCG (Card Collectible Game) atau TCG (Trading Card Game) yang mekanik permainannya terinspirasi dari peperangan era PD II. Para penggemar film atau sejarah perang dunia akan menyukai permainan yang menguji strategi kita dalam mengalahkan lawan.

Masing-masing pemain akan memiliki nyawa 20 Hit Point yang menggambarkan kota sesuai pilihan negara yang kita pilih. Siapa yang berhasil menghancurkan kota musuhnya, dia memenangkan permainan ini.

DANZIG untuk Negara Pilihan Jerman

Pemain pertama disuruh memilih mau memilih negara utamanya apa. Ada lima pilihan negara dan enam pilihan negara sekutu.

Pilihan negara dalam Kards

Ada 40 kartu yang harus dipilih untuk dijadikan satu dek. Satu dek terdiri dari maksimal 12 kartu negara sekutu, dan minimal 28 kartu negara utamanya.

Manajemen Dek Kartu

Ada jenis apa sajakah kartu yang ada di dalam dek?

Icon penanda jenis kartu

Paling kiri adalah Infanteri. Dia gerakannya paling lambat dalam menyerang. Harus benar-benar berhadapan dengan musuh baru bisa menyerang. Ketika masih di tangan, ia pertama diletakkan di bagian paling belakang, disebut support unit area. Infanteri dan Tank adalah unit yang bisa menjaga unit lainnya dengan atribut Guard. Unit lain di sekitar unit yang memiliki atribut Guard, tidak bisa diserang langsung sebelum menghancurkan unit yang bertindak sebagai Guard. Atau cara lain dengan menggunakan kartu Order (semacam Spell kalau di Card Game lain seperti Yu-Gi-Oh!, Hearthstone, dan Legends of Runeterra) yang bisa menghilangkan atribut Guard suatu unit. Unit Infanteri bila saling berperang, masing-masing akan terluka sebesar daya serang musuhnya. Contohnya sebagai berikut:

Medan pertempuran

Kalau kita lihat di atas, ada dua unit tank yang ada di tengah. Sebelah kiri memiliki daya serang 2 dan daya bertahan 2, sementara sebelah kanan memiliki daya serang 4 dan daya bertahan 4. Jika ia menyerang infanteri di atasnya yang memiliki daya serang 3 dan daya bertahan 2, maka yang akan terjadi adalah:

  1. Bila yang menyerang tank sebelah kiri, maka kedua unit akan hancur, karena daya tahan tank kiri sebesar 2, dipukul infanteri berdaya pukul 3. Infanteri berdaya tahan 2 dipukul tank berdaya pukul 2
  2. Bila yang menyerang tank sebelah kanan, infanteri akan hancur kena pukul 4, sementara tank akan bertahan namun mengalami kerusakan dan menyisakan daya tahan 1 (karena dipukul infanteri yang berdaya pukul 3).

Contoh infanteri:

Infanteri

Unit kedua, adalah Artileri. Artileri bisa menyerang musuh di semua lini tanpa terluka ketika bertempur. Artileri pada umumnya bisa menembak dari garis belakang. Namun ada juga yang memiliki sifat khusus harus berjarak dekat (dijelaskan secara khusus dalam kartunya).

Contoh Artileri

Unit ketiga adalah tank. Keistimewaan tank adalah bisa bergerak dan menyerang dalam giliran yang sama.

Contoh Tank

Unit berikutnya adalah Bomber. Berbeda dengan Fighter yang memiliki icon pesawat yang lebih kecil, Bomber alias Pembom bisa menyerang semua unit, kecuali ada Fighter musuh yang berada dalam satu kawasan. Ketika bomber menyerang unit lain ia tidak terluka oleh daya serang unit lain, kecuali Fighter.

Contoh Bomber

Unit berikutnya adalah Fighter.

Fighter Unit

Selain unit ada jenis kartu Perintah atau Order dan Jebakan atau Counter Measure.

Kartu Order

Kartu Order dapat dimainkan kapan saja pada giliran kita, selama cukup Kreditnya. Kredit ini semacam mana di permainan lainnya.

Kartu Counter Measure atau Jebakan bisa disiapkan pada giliran kita dan aktif bila kondisinya terpenuhi.

Contoh Kartu Jebakan

Berbeda dengan Hearthstone yang hanya ada dua zona pertempuran, Kards memiliki tiga zona. Satu zona support unit di masing-masing pemain, dan ada zona garis depan di tengah-tengah yang diperebutkan. Infanteri dan tank hanya bisa menyerang kota musuh bila merebut medan tengah ini. Beda dengan infanteri dan tank, unit bomber, fighter, dan artileri bisa menyerang dari support unit zone.

Ingat, ada unit yang ongkos pergerakan dan ongkos peletakan atau ongkos menyerangnya berbeda. Mari kita lihat contoh berikut:

Perbandingan Dua Unit

Sebelah kiri (3 K 1), ongkos mengeluarkan dari tangan ke support unit zone alias garis belakang adalah 3. Sementara ongkos operasi pergerakan menuju garis depan adalah 1. Sebaliknya sebelah kanan, 4 K 1, artinya ongkos deployment sebesar 4 Kredit namun ongkos operasi cuma 1 (menyerang atau berpindah di Kards membutuhkan biaya berupa Kredit).

Saat ini Kards baru tersedia di platform Steam (Windows). Rencananya tahun ini versi iOS dan Androidnya akan diluncurkan. Permainan ini bisa diunduh setelah mengunduh Steam dan membuat akunnya. Keduanya gratis kok.

Ada beberapa hal yang menyebabkan saya menyukai Kards:

  1. Gratis. Tidak perlu bayar untuk memainkannya, cukup koneksi internet saja.
  2. Desain art, ambiens, musik latar, visual dan sound effectnya dibuat seolah-olah kita sedang ada di zaman PD II. Luar biasa rinci dan dibuat dengan sangat baik
  3. Kita bisa belajar sejarah mengenai hal-hal terkait PD II. Lihat contoh berikut:
Baru tahu yang menggambar adalah Montgomery Flagg

Bila kalian sudah pernah bermain Hearthstone, Kards akan mudah untuk dimainkan. Namun bila tidak, jangan khawatir, tutorial dan ensiklopedia di dalam permainan ini selalu tersedia untuk memudahkan kita memahami istilah dalam permainan ini.

Ensiklopedia
Contoh belakang kartu yang sangat realistis

Kita bisa memenangkan permainan dan tantangan untuk mendapat koin, dan koinnya bisa digunakan untuk membeli pack berisi 5 kartu acak.

1 pak setara 10 koin

Bila kita mendapat kartu yang sudah kita punyai dan melebihi jumlah maksimal, maka kita bisa mengubahnya menjadi Resources untuk membuat kartu yang kita inginkan.

Contoh kartu yang didapatkan dalam 1 pak
Resources untuk membuat kartu yang kita inginkan

Selamat mencoba, jika kalian memainkannya tambahkan saya sebagai teman : wishknew#4921, beritahu saya lewat komentar di bawah, ya!

Saksikan trailernya berikut ini:

Trailer Kards

Diterbitkan oleh

wisnuwidiarta

Hi, my name is Wisnu Widiarta. I am a movie lover and love traveling especially camping and doing outdoor activities. Coding and problem solving in general are things I love as well.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.