A Free Portable Simple Address Book


Kecintaanku pada pemrograman, membuatku suka gatal apabila ada sesuatu yang memiliki pola (programmable) muncul dalam kehidupanku. Apabila ada seseorang melakukan suatu pekerjaan secara manual, rutinitas, dan terjadi terus-menerus, dari hari ke hari, padahal ada suatu cara yang lebih mudah untuk melakukannya, hatiku tersentuh. Telah beberapa kali tangan dan pikiranku kukerahkan demi terbentuk suatu otomasi, yang memungkinkan suatu pekerjaan menjadi lebih mudah dengan bantuan perangkat sederhana.

Nah beberapa hari yang lalu, tanganku kembali digelitik oleh fenomena Mbak-mbak Resepsionis yang membantuku menelpon di meja operator sana. Mereka telah dengan sabar menghubungkanku dengan semua orang yang ingin berkomunikasi denganku setiap hari kerja. Mereka mengandalkan catatan kertas untuk mencari nama orang yang akan dihubungi atau ingatan semata. Akhirnya aku putuskan untuk meluangkan waktu sekitar dua jam untuk membuat sebuah program kecil, sangat sederhana, untuk menyimpan nama, email, hp 1, hp 2, dan nomor extension di kantor.

Program itu haruslah:

  1. mudah digunakan,
  2. tidak perlu menggunakan database apapun yang menggunakan lisensi atau mengharuskan diinstal terlebih dahulu
  3. dapat diekspor ke excel
  4. dapat dicari / disaring hanya dengan menggunakan substring nama atau info lainnya

Akhirnya jadilah aplikasi yang semoga bisa membantu mereka dalam tugas sehari-hari. Kalau Anda suka, silakan unduh aplikasinya. Database yang aku gunakan hanya menggunakan IniFile saja. Jadi bisa jalan di usb sekalipun. Komponen yang aku gunakan adalah Quantum Grid versi 6 dari Dev Express dan EffectionDBNavigator buatanku sendiri.

Aplikasi ini mungkin sekali masih mengandung bugs, jadi silakan beritahu saya jika ada kesalahan program atau ada request feature.

Card View


Grid View
Tampilan setelah diekspor ke XLS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.