Dexter (2006)


Film ini menceritakan seorang petugas forensik khusus peneliti percikan darah bernama Dexter Morgan yang memiliki rahasia kelam dengan menjadi seorang pembunuh berantai. Dia menjadi pembunuh berantai karena pada waktu berumur 3 tahun ibunya dibantai di depan matanya. Ketika ditemukan oleh Harry, petugas kepolisian yang datang di TKP, Dexter sedang menangis dan duduk di atas genangan darah ibunya dalam sebuah kontainer. Dexter lalu diangkat sebagai anak oleh Harry, yang lambat laun menyadari bahwa Dexter memiliki keinginan untuk mengulang tragedi yang menimpa ibunya, dengan melihat darah mengalir.

Mengetahui keinginan Dexter untuk senantiasa melihat darah mengalir, mengulang tragedi yang menimpanya, Harry mengajarinya “aturan main” bahwa ia hanya boleh membunuh orang yang bersalah, yaitu pembunuh berantai lainnya. Para pembunuh berantai yang lolos dari hukum menjadi mangsa sehari-hari Dexter. Sebagai polisi Harry juga mengajari Dexter agar tidak tertangkap forensik maupun polisi, dengan tidak meninggalkan jejak apapun. Sebagai kamuflase Dexter yang sebenarnya tidak dapat merasakan emosi sebaik orang normal lainnya, diajari Harry untuk berbaur dengan masyarakat lain, meskipun harus berpura-pura. Dengan membaur diharapkan tidak ada yang akan mencurigai Dexter sebagai pembunuh berantai. Puncaknya, Dexter menjadi seorang ahli forensik yang meneliti pola percikan darah, memberinya akses kepada informasi pembunuh berantai dan obat bius untuk membius korbannya untuk dihentikan dari mencari korban lainnya…

Film ini diangkat dari novel Darkly Dreaming Dexter yang ditulis oleh Jeff Lindsay. Yang membuat film ini menarik adalah bagaimana penonton diajak bersimpati kepada seorang pembunuh berantai yang “memiliki hati”. Penuh ketegangan karena Dexter beberapa kali nyaris ketahuan polisi atau terancam terbunuh oleh pembunuh berantai lainnya.

Dexter Morgan diperankan oleh aktor Michael C. Hall yang mendapat nominasi Golden Globe aktor terbaik selama 4 tahun berturut-turut dan membawa pulang pialanya pada nominasi tahun 2010.

Jennifer Carpenter, istri Michael, adalah pemeran Debra Morgan, adik perempuan Dexter Morgan. Rupanya mereka terkena sindrom cilok setelah season 1 berakhir. Beberapa fakta menarik tentang film ini bisa dilihat di sini.

Iklan

Posted on Oktober 2, 2010, in Ulasan and tagged . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: