Ulasan Buku “BLOGGING: HAVE FUN AND GET THE MONEY”


Semalam saya mencoba mencari buku yang ditulis oleh Carolina Ratri ini di Toko Buku Gunung Agung Senayan City. Ketika datang ke sana bukunya ternyata belum masuk. Dari pencarian di komputer, buku ini tidak dapat ditemukan, baik dengan menggunakan judul maupun pengarang.

IMG_5453

Menurut pramuniaga yang melayani saya dengan penuh kasih sayang antusias, kecepatan sebuah buku masuk ke tiap gerai buku berbeda-beda. Menurut hukum fisika, kecepatan sebuah benda berbanding lurus dengan jarak tempuh dan berbanding terbalik dengan waktu tempuh. Jika waktu tempuh pengiriman buku lama karena macet atau ban kempes, maka kecepatan masuknya buku ini bisa rendah juga. Walah ini kok malah membahas pelajaran fisika, ya?

OK, kembali ke laptop.  Saya termasuk orang yang kalau udah kebelet pengen sesuatu, harus kejadian. Jadi meski semalam saya gagal membawa pulang buku Blogging: Have Fun and Get the Money (BHFGM) ini, saya harus mendapatkannya hari ini. Padahal pagi tadi saya harus berada di German Center BSD yang jaraknya jauh dari kantor untuk keperluan BCP, dan baru sore kembali ke kantor di Senayan. Kalau mau beli buku langsung berarti harus menunggu pulang kantor dan bermacet-macet ria ke toko buku lain, misal Gramedia Plaza Semanggi atau Gramedia Pondok Indah. Hmm.. sayang waktu terbuang percuma hanya untuk mendapatkan buku ini di tangan. Mau tidak mau harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi di era digital seperti yang pernah saya tulis sebelumnya.

Dari dalam kereta Commuter Line arah Stasiun Palmerah, saya langsung Googling mencari info telepon Gramedia Plaza Semanggi.

IMG_5462

Langsung saya telepon dan memastikan stok bukunya tersedia. Alhamdulillah, ada! Satu stok bahkan disimpan ke Customer Service agar dipastikan saya mendapatkan buku ini. Maklum ini buku masih hot, dan para blogger atau mereka yang ingin terjun ke dunia blogging bisa kalap ingin mendapatkan buku ini. Saya tentu saja tidak mau kehabisan.

Ketika berjalan menuju gedung kantor saya bekerja, langsung saya buka aplikasi GOJEK, pilih Go Mart, kemudian memasukkan Gramedia Semanggi.
IMG_5465

Setelah selesai menekan tombol ORDER, wajah kurir GOJEK muncul di layar HP saya.

IMG_5466

Sembari menunggu buku, saya melanjutkan pekerjaan saya, menghadiri meeting, membalas e-mail, dan sebagainya. Tidak lama kemudian buku yang saya tunggu-tunggu akhirnya hadir juga. Alhamdulillah!

Senyum manis Abang Gojek

Senyum manis Abang GOJEK menyerahkan buku yang diidam-idamkan!

Setelah jam kerja berakhir langsung saya buka plastik pembungkusnya dengan perlahan dan penuh kehati-hatian agar tidak menggores cover buku yang cantik ini. Sebelum membaca saya coba membuka-buka halamannya untuk melihat kualitas kertas, font tulisan yang digunakan, ilustrasi gambar dalam buku, dan tentu saja daftar isi.

Inilah komentar saya dari sekilas pandang untuk mendapatkan kesan pertama, apakah buku ini tampak meyakinkan atau tidak. Sebagai seorang penulis buku yang bukunya pernah hadir di Gramedia dan Gunung Agung, saya tentu saja tertarik untuk membandingkan dengan buku yang pernah saya tulis dulu tentang dunia pemrograman beberapa tahun yang lalu, setidaknya dari segi fisik, bukan dari konten.

  1. Cover Buku
    Gambar ilustrasi cukup OK, menggambarkan seluk beluk dunia blogging. Judulnya ditulis dalam Bahasa Inggris, yang mencoba memberikan efek keren dan gaul, namun memiliki drawback juga. Pembaca yang tidak teliti dan melihat di rak buku dan menghindari buku asing, akan mengira ini buku yang menggunakan Bahasa Inggris. Coba bandingkan bila judulnya Asyiknya Ngeblog dan Dapat Duit! Saya rasa masih dapat efek gaulnya dan konsisten dengan isi bukunya yang memang menggunakan Bahasa Indonesia.
  2. Font yang digunakan enak dilihat, konsisten dengan pembagian seksi buku, termasuk penggunaan bahasa asing.
  3. Gambar ilustrasi mayoritas tetap jelas dilihat, meski sudah dicetak dalam bentuk buku. Biasanya ketika kita menulis buku di komputer, gambar ilustrasi memang jelas. Namun ketika dicetak gambarnya kabur. Penulis rupanya cukup teliti dalam memastikan gambar tetap enak dilihat meski ukurannya kecil.

Sampai tahap ini, saya merasa yakin (believe) dengan buku ini, meski baru sekilas. Percayalah, jika sering membaca buku, Anda akan mudah memutuskan untuk terus membaca atau tidak meski hanya melihat sekilas (padahal buku yang saya baca gak banyak-banyak amat hahahahahahahahahahahaha….Hush! Cukup menertawakan diri saya, kita fokus lagi ke buku ini).

Dari sisi konten penulis mengawali dengan cukup baik mengenai mengapa kita harus blogging, apa saja manfaatnya, dan ajakan blogging yang menghasilkan keuntungan secara finansial. Di bab pertama ini penulis mengajak kita blogging for fun hingga bisa mendapatkan banyak keuntungan, tanpa melupakan blogging for living with heart.

Di chapter 2, saya mendapatkan banyak sekali tips bagaimana kuatnya blog personal kita jika topik yang dibahas mengerucut pada topik tertentu. Istilahnya penulis adalah blog ber-niche. Jujur saya sudah mulai ngeblog dari jaman Friendster (duh ketahuan deh tuanya), Multiply jaya hingga sekarat dan mati, sampai akhirnya mengekspor kontennya ke WordPress ini. Dari dulu sampai sekarang hingga akhirnya saya baca buku ini, saya sempat tidak peduli dengan blog yang isinya mengerucut seperti ini. Saya hanya peduli bahwa saya akan berbagi apapun yang saya pikir bermanfaat atau apapun yang secara pribadi saya sukai. Ternyata dengan memiliki blog yang fokus topiknya akan memiliki banyak manfaat, misalnya lebih mudah dijadikan tambang uang, lebih mudah menjaring pembaca yang loyal, dan tentu saja membuat kita lebih fokus dalam menulis. Chapter 2 ini ditutup dengan gong yang sangat kuat, tips dasar SEO (Search Engine Optimization) alias bagaimana blog kita bisa dioptimalkan agar peringkat blog kita menjadi maksimal ketika dicari dari mesin pencari, misalnya Google.

Di chapter 3 kita diajak untuk meningkatkan kualitas kita dalam menulis. Berbagai tips menulis yang jarang kita dengar diberikan di sini.

Di chapter 4 penulis membahas mengenai Job Review, yaitu order ngeblog berbayar dari seseorang atau perusahaan sesuai pesanan. Aih indahnya ketika fase ini bisa kita dapatkan. Jangan kedip ketika baca bab ini. Eh.. gak mungkin ya kalau gak kedip? Maksud saya fokus baca di bagian ini karena banyak harta karun buat kita dapat penghasilan dari blogging. Ingat-ingat ya, chapter 4!

Di chapter 5, penulis menampilkan hasil wawancara dengan para blogger yang punya pengalaman mendulang uang dari blognya. Banyak tips penting dibagikan di sini. Highlight yang penting dan implementasikan!

Pada chapter 6, penulis membahas tentang cara mendapatkan uang dengan Ad Sense dan afiliasi dengan blog e-commerce macam Amazon, Lazada, dan Bilna. Ini jurus baru yang pernah saya endus di blog langganan saya, namun baru kali ini dipreteli jeroannya oleh penulis. Penting untuk disimak!

Terakhir, pada chapter 7, penulis memberikan tips untuk merawat blog yang kita kelola dengan memeriksa ada tidaknya pranala yang terputus, selalu terus meremajakan isinya, terus belajar agar materinya bertambah, dan terus berbagi kepada pembaca. Terakhir kita diminta bersilaturahim dengan sesama blogger, baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Kesan saya terhadap buku yang memiliki 245 halaman ini adalah sangat positif! Saya merekomendasikan buku ini kepada siapa saja yang suka ngeblog, khususnya mereka yang ingin blognya bisa mendatangkan keuntungan, terutama secara finansial. Buku ini akan saya baca secara lebih mendalam lagi untuk membantu saya merapikan dan menyiapkan blog saya agar lebih menarik dan bisa mendatangkan keuntungan selain kepuasan pribadi. Jika ada yang mau pinjam buku ini, akan saya tolak mentah-mentah. Saya akan memintanya untuk membeli langsung di toko buku, karena buku ini akan bermanfaat dijadikan referensi dalam jangka waktu yang cukup panjang. Ini bukan masalah pelit atau tidak, tapi memang buku ini terlalu sayang untuk tidak dimiliki.

Iklan

Posted on Mei 11, 2016, in Teknologi, Tips, Ulasan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. A … aku terharu akan perjuangannya T___T
    Makasih ya … Hiks.

  2. Perjuangannya luar biasa, ka.

  3. mantap ini….. kayaknya bakalan menang lagi nih. aamiin

  4. Sama, saya juga merasa kalo buku ini wajib di miliki oleh semua blogger. Ilmu blogging ada semua dibuku itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: