Pan’s Labyrinth (El Laberinto del fauno) (2006)


Film ini bertutur tentang seorang anak perempuan (sekitar 12 tahun), yang terpaksa pindah rumah ke seorang kapten facis jaman perang dunia tahun 1944 dulu. Ia pindah bersama ibunya yang dinikahi oleh sang kapten yang sangat kejam. Dalam perjalanannya ia diikuti serangga kecil yang belakangan adalah peri dari sebuah negeri antah berantah di bawah tanah. Ofelia, nama anak perempuan itu, pada suatu malam mengikuti sang peri ke halaman belakang rumah si kapten, dan akhirnya ia bertemu dengan Faun (makhluk setengah domba setengah manusia) – mirip yang ada di film Chronicles of Narnia.

Ofelia diberitahu bahwa ia adalah putri dari Kerajaan bawah tanah yang dulunya tertarik pada rembulan, lalu mati kedinginan di permukaan bumi. Para penghuni kerajaan itu yakin bahwa jiwa sang putri akan kembali ke kerajaan itu, somehow, someday.

Ofelia harus memenuhi beberapa persyaratan sebelum ia bisa kembali ke dunia asalnya. Ia berjuang agar ayah tirinya yang sangat kejam dan suka menyiksa para pemberontak tidak mengetahui upayanya.

Berhasilkan Ofelia kembali ke dunia aslinya? Nikmati sendiri filmnya ya. Takut jadi spoiler.

Film ini menyabet 3 oscar tahun 2007 ini, yaitu dari segi Art Direction, Cinematography, dan Make Up. Dibesut oleh sutradara Guillermo del Toro yang membuat film Hellboy, Blade II, dan Mimic. Oh ya, meski ini film petualangan fantasi yang dimainkan anak 12 tahun, film ini adalah dongeng untuk orang dewasa, karena ada beberapa adegan penyiksaan yang tidak pantas dilihat untuk anak kecil. Jadi ini sama sekali tidak seperti Narnia atau Harry Potter. Sekali lagi, ini film dongeng untuk dewasa. Tidak ada adegan erotis sama sekali, hanya kekerasan dan kata-kata kasar.

Film ini mendapat banyak sekali penghargaan, silakan lihat lengkapnya di sini.

Buat Anda penggemar Shyamalan yang kecewa berat dengan Lady in the Water, film ini bakalan memuaskan Anda! Niatnya Shyamalan pasti seperti niat del Toro di film ini. Cuma sayang dia gatot. Hehehe..

Film ini berbahasa Spanyol, kayaknya susah masuk Indonesia. Aku lihat film ini dari dvd (masih evaluation copy hehehe).

Gambar dari IMDB.COM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s