The Mist (2007)


Film yang diangkat dari karya Stephen King si Raja Horor ini sudah lama beredar, tapi aku baru sempat menontonnya baru-baru ini. Sutradaranya Frank Darabont, yang membuat film dari karya Stephen King juga, yang menjuarai tangga film terbaik versi IMDB, Shawshank Redemption.

Skip tulisan ini kalau mau nonton filmnya tanpa terganggu.

Film ini dimulai dari munculnya kabut misterius yang melanda Maine setelah datang badai malam sebelumnya. Beberapa orang yang sedang mencari bahan makanan terjebak di sebuah supermarket. Satu demi satu penduduk kota itu mati diserang berbagai makhluk raksasa dan aneh. Orang-orang dalam supermarket itu berusaha bertahan hidup. Ada yang ingin tinggal, ada yang ingin cari bantuan keluar, ada yang ingin mencari obat untuk korban serangan, dsb. Thomas Jane yang memerankan The Punisher bermain sebagai David Drayton yang pagi itu ke kota bersama anak lelakinya dan tetangganya ke supermarket. Istrinya ditinggal di rumah sendiri. Anak lelakinya ketakutan setengah mati dan sempat akan diserang makhluk aneh. Sepanjang film, Drayton tampak seperti seorang ayah yang tegar, mencoba menyelamatkan orang-orang dari serangan makhluk, dan tidak terlihat ingin menyerah menghadapi tragedi itu.

Sampai pada suatu ketika ia memutuskan bersama beberapa orang dalam supermarket itu untuk pergi dengan mobil yang ia miliki. Mereka berpikir lebih baik keluar mengendarai mobil sampai bensinnya habis.Nah sebelum masuk mobil Drayton mengambil segenggam pistol yang jatuh di kap mobilnya, ketika Ollie salah seorang yang mau pergi bersamanya dimangsa makhluk buas. Tujuan pertama Drayton adalah ke rumahnya untuk menjemput istrinya. Kasihan, istrinya sudah tewas menjadi korban serangan makhluk ganas. Dengan hati hancur dan berkeping-keping, Drayton membawa empat orang lainnya dalam mobil termasuk anaknya yang masih kecil. Begitu bensin habis.. mereka bingung dan Drayton melihat pistol yang ia genggam. Peluru bersisa empat, dan mereka berlima. Rupanya semua sepakat untuk bunuh diri daripada dimangsa makhluk ganas itu. Drayton menembak keempat orang lainnya termasuk … anaknya yang ia cintai..
Lalu ia keluar dan berteriak di tengah kabut yang sangat tebal meminta dimangsa oleh makhluk ganas.Sayang.. yang datang justru pasukan militer AS lengkap dengan orang-orang yang berhasil dievakuasi.Drayton langsung terduduk lemas sambil menangis dan berteriak, “Lalu untuk apa mereka mati???”..

Film dengan ending yang sangat kontroversial ini pun berakhir..
Menurut saya, 95% dari awal, film ini sangat mencekam dan menegangkan. Sayang 5% sisanya tidak sesuai dengan karakter Drayton sebelumnya dan jelas berbeda dengan pandangan hidup saya yang muslim ini.(Istri mengatakan mungkin sutradaranya ingin menunjukkan betapa setiap orang memiliki titik puncak ketabahan dan MEAN TIME TO GIVE UP sendiri-sendiri).

Well, hidup selalu penuh dengan masalah. Bahkan kita tidak mungkin keluar hidup-hidup dari dunia ini.Di Al Quran banyak ayat tentang kematian:
S U R A T A L – I M R O N
3:145. Sesuatu yang bernyawa tidak akan mati melainkan dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala akhirat. Dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.

S U R A T A L – ‘ A N K A B U T 29:57. Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.Intinya, mati udah pasti. Tapi kita harus mensyukuri nyawa yang diberikan Allah SWT kepada kita.Meski cobaan datang, tidak boleh putus asa dengan rahmat Allah.

S U R A T A L – H I J R 15:55. Mereka menjawab: “Kami menyampaikan kabar gembira kepadamu dengan benar, maka janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa”.

15:56. Ibrahim berkata: “Tidak ada orang yang berputus asa dari rahmat Tuhannya, kecuali orang-orang yang sesat”.

S U R A T A R – R U U M
30:36. Dan apabila Kami rasakan sesuatu rahmat kepada manusia, niscaya mereka gembira dengan rahmat itu. Dan apabila mereka ditimpa sesuatu musibah (bahaya) disebabkan kesalahan yang telah dikerjakan oleh tangan mereka sendiri, tiba-tiba mereka itu berputus asa.

30:49. Dan sesungguhnya sebelum hujan diturunkan kepada mereka, mereka benar-benar telah berputus asa.

S U R A T F U S H I L A T
41:49. Manusia tidak jemu memohon kebaikan, dan jika mereka ditimpa malapetaka dia menjadi putus asa lagi putus harapan.

Mengenai musibah:
S U R A T A L – I N S Y I R A H
94:5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
94:6. sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.
Mengenai bunuh diri:
S U R A T A N – N I S A ‘
4:29. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

Wah wah wah.. Quran begitu lengkap menjawab masalah dalam hidup ini. Kalau aku jadi Drayton, aku tidak akan membunuh orang lain apalagi anak. Gendeng. Kalau aku di posisi dia, bensin habis, di luar banyak monster, ya udah 4 peluru itu ditembakkan ke monsternya. Syukur monsternya mati. Kalau nggak ya sudah kita berserah diri pada Allah SWT. Menunggu sambil berdoa dan berzikir. Tidak pernah ada kamus berputus asa dengan rahmat Allah. Itulah gunanya agama sebagai petunjuk dalam hidup di dunia yang penuh dengan ujian dan cobaan. Kalau mati pun tidak masalah wong semua yang bernyawa pasti mati. Yang penting amal ibadah sebelum mati bukan kapan kita mati. Pantesan banyak orang tak beragama yang membunuh diri dan orang lain karena salah berpikir atau salah mengambil pedoman dalam hidup.

Subhanallah, Islam itu indah…

Iklan

Posted on Oktober 22, 2008, in Ulasan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: