Ladies in Lavender (2004)


Film drama ringan ini aku tonton di vcd original yang kusewa dekat rumah. Temanya sederhana namun menarik.

Awas spoiler….

Alkisah hiduplah dua orang kakak beradik S3 (Sudah Sangat Sepuh) di sebuah tepi pantai Inggris yang indah. Keduanya tidak memiliki suami, dan ditemani seorang pembantu wanita. Suatu pagi Ursula (si adik), yang diperankan Judy Dench (pemeran M di James Bond), melihat seorang lelaki muda terdampar di dekat rumah mereka. Sang lelaki diperankan Daniel Brühl (main di Bourne Ultimatum) merupakan lelaki dari Polandia yang kapalnya karam ketika ingin menuju Amerika. Kakak beradik itu pun merawat si lelaki ganteng itu dan mencoba berkomunikasi. Kebetulan Andrea (lelaki terdampar itu) tidak bisa bahasa Inggris. Jadilah si kakak, Janet (Maggie Smith – main di Harry Potter), menggunakan kamus untuk berbicara bahasa Jerman yang diketahu juga oleh si Andrea.

Rupanya Andrea patah pada pergelangan kaki, dan ia dirawat dengan baik oleh Janet dan Ursula. Lambat laun Ursula jatuh hati pada Andrea, bagaikan pungguk merindukan bulan (70 tahun vs 28 tahun). Suatu siang Janet memainkan piano dengan cukup keras, dan Andrea teringat bahwa dia juga suka memainkan biola. Dipanggillah tetangga mereka yang bisa memainkan biola, dan Andrea pun beraksi dengan kemampuan bermain biola yang sangat mengagumkan. Permainan biola Andrea rupanya terdengar wanita seksi dari Jerman, Olga Daniloff, diperankan Natascha McElhone (Ronin, Truman Show), yang kebetulan sedang bertamu dan menjadi tetangga Ursula dan Janet.

Rupanya Olga adalah adik Boris Daniloff, maestro biola terkenal saat itu. Hingga akhirnya Olga mengajak Andrea pergi ke London untuk menemui kakaknya. Andrea tampak ragu untuk langsung pergi ke London tanpa berpamitan dengan Ursula dan Janet yang telah menyelamatkan nyawanya. Dengan dalih sudah mepet, Ursula mengajak segera dan membujuk Andrea segera berangkat.

Di London, Andrea mendapat kesempatan untuk bermain biola di depan konser Ratu yang sangat terhormat. Janet dan Ursula diam-diam mampir melihat pertunjukan Andrea, dan menjadi pertemuan mereka yang berakhir selamanya.

Kalimat yang dit$ulis Andrea dari London kepada Ursula dan Janet cukup menarik. “Kau telah memberiku kehidupan, dan biarkan aku untuk mengambil kesempatan dalam hidupku”.

Film ini menarik dilihat dari dialog-dialognya yang cukup lucu seperti bisa dilihat di sini.

Film ini mendapat nominasi European Film Awards dan London Critics Circle Film Awards di tahun 2005.

Kalau lagi pengin nonton film drama ringan dengan kualitas akting dari Mbah Judi dan Mbah Maggie yang superb, ya bolehlah ditonton. Pantainya lumayan indah dilihat (kapan ya bisa lihat pantai London dengan burung Camar dan pasar ikannya?).

Iklan

Posted on November 4, 2008, in Ulasan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: