BlackBerry Gratis


Beberapa hari yang lalu, bertepatan dengan miladku yang ke-33, tanpa disangka di kantor ada pembagian BlackBerry gratis (Javelin – 8900). Kalau gak salah ada 5 manager dapet, salah satunya aku. Alhamdulillah banget karena aku masih terbilang baru tiga bulan bergabung, mendapat jatah sama dengan yang udah jadi karyawan selama 15 tahun.

 
Sebagai penggemar setia Nokia (baca postinganku ttg Nokia di sini), kalau tidak salah sudah pernah punya 6 seri berbeda, menggunakan BlackBerry bukanlah impianku. Jujur, kalau boleh milih, aku lebih suka dikasih N97 ketimbang dikasih Javelin, Bold, atau Storm sekalipun. Hehehe…
Tapiiiii yang namanya gratis tis tis, harus disyukuri dan dimanfaatkan. E51ku disikat istri tercinta, dan mau gak mau aku harus memanfaatkan Javelin.
 
Langkah pertama, adalah memikirkan bagaimana caranya 1500 contact di Nokiaku, juga item Calendar dan Notes bisa migrasi ke BB. Langsung aku backup Nokia E51ku dengan Nokia PC Suite, lalu disinkronisasi ke MS Outlook. Setelah itu menginstall BB Desktop Manager, dan melakukan sinkronisasi dari MS Outlook ke BB. Semua data masuk ke BB. Horee.. cuma ada sedikit bugs (gak tahu di Nokia atau di Desktop Manager), gambar thumbnail di contact sebagian tertukar-tukar.
 
Setelah membeli micro SD (tidak ada di package bawaannya) sebesar 4 Gb, akhirnya aku coba download film seperti Chuck, Fringe dan Prison Break (berekstensi AVI). Semuanya bisa diputar dengan halus dan tajam. Sayang ekstensi MOV hanya terdengar suaranya, tanpa ada gambarnya. Mungkin harus tambah semacam CODEC tertentu. Dia support DivX, XviD, H.263, dan WMV3.
 
Al Quran 30 jus masuk semua dan bisa distel. Beberapa lagu MP3 juga aku simpan untuk menemani bergelantungan di kereta. Jeleknya, untuk menambah playlist tidak bisa select beberapa item.
 
Sepertinya BB tidak punya kemampuan untuk select beberapa item sekaligus. Please CMIIW.
 
**EDITED**
Ternyata bisa!!! Pakai Shift bergambar panah, dan gerakkan trackballnya!
 
Di Nokia, fitur ini bergambar pensil atau panah ke atas. Keren banget. Tipe yang disupport BB adalah 3gp, WAV, MIDI, AMR-NB, G711u/A, GSM610, PCM, MP3, AAC/AAC+/eAAC+, WMA9/10 Standard/Pro.
 
Untungnya fitur select, copy, and paste di BB ada. Di iPhone 3G juga udah bisa. Di Nokia, udah lama banget ada. Fitur ALT + TAB di Windows, ada juga di BB dengan ALT + ESC.
 
Kameranya sudah 3MP, lumayan tajam, dengan flash yang terang. Sudah autofocus dan zoom digital 2x. Layarnya mendukung 65K warna, dengan ukuran layar 2.44 inci diagonal. Lebih mantep dibanding E51
GPS dan Maps belum dicoba karena kayaknya mesti download dari Internet.
 
Voice recognition anehnya hampir yang nomor 2 yang tepat dengan yang aku maksudkan. Agak sedikit kurang cerdas dibandingkan algoritma yang dipakai Nokia.
 
Beratnya enteng, cuma sekitar 109 gram. E51 yang jauh lebih kecil aja cuma 100 gram.
 
Fitur SMSnya aku suka. Kalau kita bales-balesan SMS, dia taruh dalam 1 screen, jadi seperti conversation. Dan bisa langsung dicopy paste percakapan sebelumnya. Di Nokia mesti save ke Draft dulu, lihat inbox, open, dan copy, lalu close, balik lagi ke draft untuk diedit. Ini hal yang sangat positif di BB. Nokia, gak usah malu lah untuk meniru hal ini.
 
Dari sisi navigasi, trackballnya BB luwes banget dan sangat halus. Enak untuk menggelindingkan focus ke mana-m
ana. Tapi QWERTYnya aku benci sekali. QWERTY keyboard itu enak cuma kalau gede. Kalau kecil mana mungkin juga bisa 10 jari. Enakan Nokia yang model biasa, bukan QWERTY. Pake fitur thesaurus atau kamusnya, aku lebih cepat mengetiknya.
 
Fitur Clocknya keren. Ada menu Enter Bedside mode. Jadi berfungsi kayak Jam dengan tingkat dim yang redup dan enak dilihat di malam hari.
 
Aku juga suka dengan fitur lock/unlocknya yang cukup sekali pencet, meski ada menu untuk dua pencetan di keypadnya kaya di Nokia.
 
Mungkin baru besok mau langganan BlackBerry Internet Services, biar bisa facebookan, YMan, dan internetan sak karepe. Hehehe..
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s