The Impossible (2012)


Semalam nonton bersama keluarga film yang diangkat dari kisah nyata tentang tsunami di tahun 2004. Ceritanya berkisah tentang sebuah keluarga, suami, istri, dan 3 orang anak lelaki yang berlibur ke Thailand. Ketika tsunami terjadi mereka semua sedang di kolam renang tidak jauh dari pantai. Mereka berlima tersapu ombak dan terpisah satu sama lain. Film ini menceritakan bagaimana mereka berlima akhirnya bisa dipersatukan kembali melalui perjuangan dan harapan.

Film ini berbeda dengan  film fiksi yang dibintangi Matt Damon, Here After, yang juga diawali tsunami di Thailand. Here After lebih kompleks dan terdiri atas beberapa cerita pararel yang saling berkaitan. The Impossible ceritanya lebih sederhana, namun karena dibangun dari kisah nyata, kita bisa ikut merasakan jika seolah-olah berada pada posisi mereka. Dihantam ombak, ditimpa bangunan, tertusuk dahan kayu, terkena pecahan kaca, terhimpit mobil, paru-paru kemasukan lumpur, dan sebagainya. Lolos dari tsunami peluangnya sangat kecil. Sekeluarga terdiri dari 5 orang dan semuanya selamat, mendekati mustahil, The Impossible. Namun bagi kita yang beriman, tidak ada yang mustahil dalam rencana Allah SWT. Ada hikmah di balik setiap tragedi.

Dari film ini kita mendapat pelajaran bahwa dalam kondisi bencana, kita diuji apakah kita masih peduli pada sesama atau hanya memikirkan kepentingan diri sendiri. Kita belajar untuk tidak egois dan mementingkan sesama daripada kepentingan diri sendiri. Dan kita semua belajar mempersiapkan hari kematian kita masing-masing, agar setiap detiknya senantiasa bermakna.

Film The Impossible menghadirkan kualitas akting prima dari Ewan Mc Gregor dan Naomi Watts yang menjadi orang tua dalam keluarga tersebut. Tom Holland (Billy Elliot) yang berperan sebagai anak pertama mereka juga menunjukkan kualitas akting prima.

Sebuah film yang sangat mengharukan dan mengajarkan kepada kita untuk peduli pada sesama serta menghargai setiap detik sisa umur kita.

Recommended for family, 7 / 10.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan

Posted on Januari 13, 2013, in Ulasan and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. yup impossible, but it’s fact..
    anehnya ane terharunya malah pas adegan yg Maria and Lucas sedang saling teriak pas terbawa air (sounds weird? haha–padahal adegan itu kan bukan adegan yg ‘seharusnya’ menguras haru dibanding ‘banyak adegan’ sesudahnya )

    Oia..Tom Holland bukan di Billy Elliot bang, yg di Billy Elliot mah sekarang uda gede, tapi sekilas emang mirip sih Tom ama Jamie mukanya 🙂

  2. Hehehehe.. Iya Tom Holland bukan pemeran Billy Elliot, tapi memerankan teman Billy Elliot di Billy Elliot the musical, yg sepertinya teater. Thanx for the input.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: