Oblivion (2013)


Film terbaru yang dibintangi Tom Cruise ini berkisah tentang seorang pekerja di bumi yang telah hancur karena serangan alien. Tom berperan sebagai Jack Harper yang tugasnya memperbaiki robot terbang berwarna putih yang menjaga bumi dari serangan pemakan bangkai. Kehidupannya yang harmonis bersama partnernya mulai terganggu oleh seorang wanita yang sering muncul dalam mimpinya. Pada suatu hari ia melihat sebuah pesawat jatuh dari angkasa dan fakta-fakta baru bermunculan yang membuatnya mempertanyakan hakikat kehidupannya selama ini.

Film yang berdurasi 2 jam lebih sedikit ini sebenarnya berpotensi menarik. Nilai jualnya selain Tom Cruise yang berakting prima ini adalah visual efek yang memukau, terutama dunia yang hancur. Bulan yang remuk redam, Pentagon yang hancur, gedung bertingkat yang terkubur tanah,  dan jembatan yang hancur cukup menarik untuk dilihat. Namun sayang, idenya banyak mengambil dari film-film fiksi ilmiah sebelumnya seperti Matrix, Moon, Wall-E, dan Independence Day. Jika Anda belum pernah menonton film Moon yang dibintangi Sam Rockwell, Anda akan memuji twist yang disuguhkan di pertengahan film. Namun bila sudah melihat semua film di atas, maka perasaan yang muncul di benak Anda adalah “saya sudah pernah melihat ini sebelumnya”. Rasa kekaguman akan berkurang karena element of surprisenya menjadi lemah.

Film yang diperkirakan menelan biaya 1,2 trilyun ini juga berasa terlalu panjang. Ada beberapa adegan yang harusnya bisa dipangkas untuk memadatkan cerita. Namun dari sudut pandang teknologi yang disajikan, cukup believable dan menarik buat mata kita.

Tips untuk menonton film ini:

  • jika Anda sudah menonton film yang sudah saya sebutkan di atas, terutama Moon, siapkan mental untuk menerima film ini tidak terlalu fresh / orisinal idenya
  • pastikan ada sesuatu yang bisa dimakan buat cemilan karena filmnya cenderung agak lambat di awal. Daripada ngantuk mendingan ngemil, kan?
  • untuk Anda penggemar Sci Fi dan Tom Cruise, jangan ragu untuk menontonnya, tapi jangan berharap banyak
  • film ini memanjakan mata, sehingga menonton di Imax 2D akan memberikan nuansa epik

Overall, 7/10.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Iklan

Posted on April 19, 2013, in Tips, Ulasan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Diantara ke-empat film itu, saya belum pernah nonton “Moon”. Jadi aman dari perasaan kecewa ntar 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: