Mengkarantina Mama Minta Pulsa


Suka kesel sama SMS SPAM menyebalkan? Saya juga. Dari Mama Minta Pulsa, penipuan undian berhadiah, tawaran KTA, hingga jualan obat kuat, semuanya menyebalkan. Postingan kali ini akan berisi pengalaman saya dalam mengusir SMS pengganggu itu.

Kita mulai dengan Blackberry Torch 2.

Saya tidak berhasil mencari aplikasi Anti Spam di BB World. Akhirnya saya menggunakan fitur pamungkas sapu jagad di BB yaitu fitur firewall. Dengan fitur ini, maka semua SMS yang dikirim dari nomor tidak dikenal akan langsung dihapus. Sebagian besar SPAM memang berasal dari nomor yang belum kita simpan. Namun fitur ini menyebabkan teman kita yang ganti nomor dan memberitahu kita via sms tidak akan pernah masuk. Satu-satunya cara adalah mereka harus menelpon kita :). Langkah untuk mengaturnya bisa dilihat secara lengkap di sini.

Firewall di BB

Firewall di BB

Ok berikutnya iPhone 5.

Saya tidak berhasil menemukan cara apapun untuk mengusir SMS pengganggu di iPhone. Katanya ada aplikasi dari Cydia bernama iBlacklist yang bisa melakukan hal ini, dengan catatan iPhonenya di jailbreak. Saya males ngejail break iPhone, jadi belum pernah mencobanya. Menyebalkan.

Next, Nokia (Microsoft) Lumia 920. Pada awalnya, seperti halnya iPhone 5, tidak ada cara untuk memblokir SMS di mobile phone ini. Namun sekitar sebulan yang lalu ada update dari Windows, sekarang bisa memblokir SMS dari nomor tertentu, termasuk panggilan telepon. Sayangnya tidak ada fitur blokir berdasarkan frase tertentu. Tetapi lumayanlah daripada lumanyun.

Blok nomor di Lumia

Blok nomor di Lumia

Terakhir, di Samsung Galaxy S4. Untungnya mobile phone Android dari Samsung ini memiliki fitur anti SPAM built in. Jadi bukan install third party software. Menurut saya ini langkah cerdas, karena anti spam SMS seperti ini seharusnya ditangani di level OS atau aplikasi bawaan smart phonenya. Blokir nomor telpon atau SMS bisa berdasarkan nomor pengirim atau berdasarkan frase tertentu. Pesan yang terkena filter juga dikarantina dalam folder SPAM sehingga bila ada pesan baik yang terfilter tidak sengaja, masih bisa dikembalikan ke Inbox. SMART!

Karena fitur inilah, maka S4 saya gunakan sebagai primary phone, karena saya sangat membenci SMS Spam.

Kalau ada pengalaman yang bisa dibagi bersama, silakan ditambahkan di komentar di bawah ini yaa…

Iklan

Posted on Oktober 13, 2013, in Tips, Ulasan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. Kalo belum punya S4 gimana donk?

  2. Pake Android juga gak? Udah pernah googling? Pake anti spam sms apa sekarang? Crita dunk..

  3. kalau mama pulsa udah nggak dapat lagi, mas. yang sering SMS menang undian 😀

  4. Ga di sms lagi tapi ditelepon menang undian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: