American Gangsters (2007)


Film arahan Ridley Scott (Gladiator, A Good Year, Alien, Blade Runner) kembali diperankan oleh Russel Crowe. Minimal udah tiga kali Crowe diajakin main oleh Scott. Di film ini sih aktor utamanya lebih ke Denzel Washington yang memerankan Frank Lucas, salah seorang mafia narkoba yang pernah hidup jaman perang Vietnam. Crowe memerankan seorang polisi yang antisuap, penuh dedikasi, namun keluarganya hancur berantakan. Agak kontras dengan Denzel yang rajin ke Gereja dan mengumpulkan keluarganya yang miskin ke New York.
Film ini mengingatkan kita bahayanya narkoba, dan betapa sulitnya memberantasnya ketika aparat yang seharusnya menangkap yang bersalah, justru terlibat aktif dalam skandal demi memperkaya diri sendiri.
Nah hal ini nggak aneh ditemukan di Indonesia. Para penjahat itu tertangkap dengan komitmen tinggi dari beberapa pihak tertentu, yang entah itu naif atau tidak, mencoba melakukan hal yang benar.

Di Indo, korupsi adalah hal yang jauh lebih berbahaya daripada narkoba itu sendiri. Aku bayangkan kalau saja Presiden RI bisa membentuk tim khusus yang super independen dan kehidupannya direkam, lalu menangkapi para koruptor, mungkin lumayan bisa meredam lonjakan koruptor. Hukum dibenai, keadilan dijunjung tinggi, maka kemakmuran akan datang sendiri.

Iklan

Posted on Januari 22, 2008, in Ulasan and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: