Body of Lies (2008)


Film tentang terorisme dan peran AS sebagai polisi dunia, dan alasan terorisme dilakukan oleh kaum muslim radikal digambarkan dalam film ini. Karena penuturnya AS, sudah jelas akhir film berpihak pada kemenangan CIA dan Interpol. Pasti ada pro dan kontra untuk film ini, namun dari segi pembuatan film, spesial efek dan aktingnya cukup menawan.

Sisi positif dari film ini menurutku adalah beberapa adegan membuat adrenalin dikocok-kocok dengan irama cepat dan penuh ilustrasi terorisme. Ada adegan yang dirancang dengan melibatkan ahli pembuatan ledakan agar efeknya sangat dramatis. Teroris dari kaum muslim radikal juga digambarkan karena salah mengartikan ayat tentang berjihad. Tokoh utama (Leonardo diCaprio) digambarkan bisa berbahasa Arab dan juga mengenal Quran.

Amerika sebagai polisi dunia juga digambarkan bisa menghalalkan segala cara untuk mendapatkan pelaku terorisme itu sendiri, menjadikan kabur antara pemburu dan yang diburu. Bisa jadi demi alasan membunuh terorisme, tindakan terorisme juga dilakukan. Jangan percayai siapapun, dan tipu siapapun.

Pada akhirnya kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan. Siapapun yang memulainya.

Sisi kurang dari film ini (awas spoiler):
Bagaimana mungkin LD yang sudah sangat profesional dalam pekerjaannya bisa jatuh cinta dengan orang di daerah di mana siapapun bisa jadi korban terorisme. Bagaimana mungkin bisa menyerahka diri demi seorang wanita? Orang yang sanggup membuat operasi tingkat tinggi menyerupai terorisme masa bisa jatuh dengan hal seremeh ini? Agak kurang masuk akal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s