The Dark Knight Rises (2012)


Inilah film ketiga dari trilogi Batman besutan Christopher Nolan (Memento, The Prestige, dan Inception) yang merupakan film yang paling ditunggu-tunggu sepanjang tahun ini. Gaungnya jauh melebihi Amazing Spiderman maupun serial James Bond terbaru Skyfall yang rencananya baru keluar November ini. Bahkan prekuel Lord Of The Rings, the Hobbit: An Unexpected Journey yang bakal muncul Desember ini, masih kalah dalam hal antisipasi dari para moviegoers. Tidak salah kalau film ini dipasang di puncak summer time.

Film yang juga dirilis dalam format IMAX tanpa 3D ini aku tonton di Gandaria City IMAX hanya dengan membayar 1 rupiah saja. Salah satu kartu kreditku memberikan tantangan belanja berapapun antara 18-29 Juli 2012, foto di depan poster Batman, lalu mentweet foto dengan mention dan hashtag film ini, akan diganjar 2 tiket IMAX (senilai 150 ribu di Jumat dan 200 ribu di weekend) hanya dengan membayar 1 rupiah saja. Jumat kemarin aku Jumatan di Gandaria City untuk mengambil tiketnya dan berhasil nonton pada hari pertama di IMAX. Awesome gak sih? Gilanya, pas ditengah-tengah nonton aku sempat melirik Blackberry Messengerku, dan kaget rupanya di Amerika yang tengah pertunjukan perdana film ini, ada orang gila membunuhi penontonnya. Sekitar 14 orang tewas dan puluhan lain luka-luka, termasuk WNI yang sedang menonton di sana. Saya mengutuk aksi brutal ini yang bisa membuat trauma banyak moviegoers.

Kembali ke film, Nolan berhasil dengan baik mengarahkan film ini, di mana Batman sang superhero menjadi semakin manusiawi. Musuh utamanya adalah Bane, teroris yang sangat kuat dan setara dengan kekuatan Batman sendiri. Kali ini Batman juga ditemani Cat Woman yang diperankan si cantik Anne Hatheway yang baru kali ini bekerja sama dengan Nolan. Tokoh baru lainnya yang muncul di film ini adalah Blake yang diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt, yang pernah kerja sama dengan Nolan di Inception. Total ada lima aktor Inception yang dibawa serta Nolan di film ini. Joseph Gordon-Levitt (Blake), Michael Caine (jadi Alfred), Marion Cotillard (jadi Miranda), Tom Hardy (jadi si jahat Bane), dan Cillian Murphy (Scarecrow).

Ceritanya Gotham disatroni teroris bernama Bane yang bermaksud menghancurkan kota Gotham. Bruce Wayne yang sudah lama tidak keluar sebagai Batman terpaksa harus keluar kandang dan menyelamatkan kotanya. Rupanya musuhnya kali ini benar-benar sangat kuat dan sangat pandai bertarung. Batman benar-benar sangat kewalahan melawannya. Akankah Batman berhasil mengalahkan Bane yang sangat hebat itu? Ataukah Alfred akan menguburkan Bruce Wayne seperti ia menguburkan orang tuanya? Apakah twist ending di akhir cerita yang sangat tidak terduga?

Film ini saking sempurnanya menurut saya, saya ganjar dengan skala 10/10. Trilogi Batman jauh lebih dalam, lebih gelap, dan lebih hebat ketimbang trilogi Spiderman dari Sam Raimi. Sudah jelas aktor-aktor papan atas sekarang mengantri agar bisa diarahkan oleh Christopher Nolan. Lihat saja Guy Pearce yang jadi hebat di Memento. Hugh Jackman dan Christian Bale di Prestige. Heath Ledger sebagai Joker. Anne Hathaway aja jingkrakan kesenengan begitu tahu dia yang dipilih sebagai Cat Woman setelah gagal jadi Black Cat di Spiderman 4 yang batal dibuat :).

Pendeknya, film ini adalah film laga terbaik sejauh ini di tahun 2012. Sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Iklan

Posted on Juli 21, 2012, in Ulasan and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. ya setuju bang 10 out of 10, sayang ada tragedi penembakan orang gila yang menganggap dirinya sbg joker

    • Iya. Orang Amerika sibuk nyari teroris di luar negeri, tapi di antara mereka sendiri banyak yang sakit jiwa dan lebih kejam dari teroris manapun.

  2. Hmmm kalo film setuju pak keren dan bagus banget, cuma gak bisa dihindari kalo bane harus dibanding2kan dengan joker yang menurut saya masih menang joker sih. Untungnya kelemahan musuh batman dibandingkan dengan film sebelumnya cukup tertutupi bila melihat film secara keseluruhan yang cocok banget sebagai ending dari trilogy batman versi nolan. Overall kalo saya kasih 9/10 karena menghormati aktor alrm heath ledger yang berhasil mengangkat film sebelumnya ke level yang sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: