Review Social Game Werewolf a.k.a Mafia


Setiap kali kita jalan-jalan menginap ke suatu tempat bersama keluarga besar atau pas mudik hari raya, sering kita bingung mau ngapain pas ngumpul bareng. Demikian juga pas ngumpul bareng sama teman-teman pas reunian atau pas ada acara gathering kita suka bingung mau ngapain. Nah pemecah suasana atau pengisi waktu luang kebersamaan kita bisa dilakukan dengan jalan main game yang menyenangkan. Kalau pegang gawai masing-masing, semua asyik sendiri, tidak ada interaksi satu sama lain. Mendingan kalau pegang iPad atau HP, jangan main sendiri-sendiri pas ngumpul. Lebih asyik main social game, di mana banyak orang bisa berpartisipasi aktif dan bisa mengakrabkan satu sama lain.

Nah, pada postingan kali ini saya ingin membahas mengenai permainan Werewolf yang sepertinya sedang hangat dibicarakan dan dimainkan para seleb di Indo. Bagaimana sih mainnya?

Jadi gini. Kita tinggal di sebuah desa di mana ada werewolf di antara kita. Tujuan permainan ini adalah jika kamu bukan werewolf, kamu bersama warga desa lainnya harus menemukan semua werewolf untuk diamankan. Sedangkan jika kamu kena kutuk menjadi werewolf, kamu harus memangsa semua warga hingga minimal perbandingan jumlah warga dan werewolf adalah 1:1. Di antara warga desa ada yang punya kekuatan cenayang, yaitu Seer. Dia bisa mengetahui seseorang itu werewolf atau bukan. Ada juga Guardian Angel atau Bodyguard yang bisa mengamankan pemain lainnya dari serangan werewolf. Permainan ini harus dipimpin oleh seorang moderator dan setidaknya lima orang pemain. Ada banyak varian dari permainan ini, dengan role yang mirip-mirip. Untuk permainan werewolf simplicity series, rolenya tidak banyak, namun cocok untuk pemain 5 – 10 orang. Sedangkan jika pemainnya lebih dari 10 orang, bisa menggunakan Ultimate Werewolf yang rolenya bisa sampai puluhan, dan bisa dimainkan hingga sekitar 70 orang.

Ini contoh penampakan kartu simplicity series:

Kartu simplicity series juga memiliki ekspansion atau tambahan untuk menambah kompleksitas permainan ketika pemainnya bertambah, misal sampai 20 orang. Saya membeli yang versi simplicity yang lebih murah dan sederhana, karena ingin mencoba mendapatkan feeling permainannya dulu. Harganya sekitar 60-80 ribu rupiah, bisa beli di toko online kok. Google aja : beli kartu werewolf, otomatis kamu bisa membeli dari pranala yang tersedia.

Kalau ini adalah penampakan packaging yang ultimate.

Img5

Berikut ini adalah tampilan kartu-kartunya:

Img6

Harga yang ultimate versi orisinil harganya sekitar 360 ribu rupiah, sementara yang menjual KWnya sekitar 160 ribu rupiah. Silakan lihat role lengkap yang ditawarkan ultimate di pranala ini.

Gimana? Penasaran? Coba tengok video tutorial dari Raditya Dika berikut ini:

Di channel Youtube banyak sekali contoh memainkan permainan ini. Tinggal pilih saja.

Oh ya, selain dimainkan secara langsung, permainan ini juga bisa dimainkan di Whatsapp melalui group (masih perlu moderator), atau memanfaatkan bot di telegram (tidak perlu ada moderator karena perannya digantikan bot). Masing-masing ada kelebihan dan kekurangan. Main bertemu langsung membutuhkan moderator, harus berkumpul pada tempat yang sama. Kalau mau main di WA, masih perlu moderator, tetapi bisa di tempat yang berbeda-beda. Kalau main di Telegram dengan bot bisa main tanpa moderator, namun tentu saja dinamika permainan yang dikembangkan moderator biasa kurang terasa, karena pada akhirnya akan membosankan dilayani bot. Lebih seru kalau moderatornya manusia, jago bercerita dan improvisasi, dan bisa mengatur keseimbangan permainan selama mungkin.

Saya sendiri membuat program kecil sederhana yang dibuat dengan Object Pascal (Delphi) untuk membantu Administrator melakukan tugasnya.

Img7

WishCraft adalah ID saya dalam permainan Hearthstone  yang sudah saya mainkan selama lebih kurang dua setengah tahun terakhir.

Aplikasi ini bisa membantu menghitung keseimbangan permainan. Setiap role memiliki nilai positif dan negatif. Positif dimiliki sisi baik, negatif dimiliki oleh sisi buruk. Kalau kita lihat di wikipedia, beberapa role yang ada nilainya sebagai berikut:

Villager=1
Werewolf=-6
Mayor=2
Bodyguard=3
Hunter=3
Mason=2
Seer=7
Wolf Cub=-8
Sorcerer=-3
Cursed=-3
Apprentice Seer=4
Prince=3
Witch=4
Drunk=3

Kita ambil contoh kasus permainan dengan 5 orang:

Img10

Aplikasi akan menghitung dari role yang akan dimainkan, seberapa seimbang. Semakin mendekati 0 maka permainan akan seimbang. Dengan alat bantu ini kita tidak ngawur memilih komposisi role yang akan dipakai, karena bisa saja sudah tidak seimbang dari permainan belum dimulai. Dengan alat ini pula setiap permainan bisa kita ubah komposisi peran yang akan dimainkan sehingga moderator akan menambahkan efek twist tak terduga.

Saya sendiri ketika bertindak sebagai moderator menikmati betul peran ini karena bisa menentukan dinamika permainan. Peran drunker di versi ultimate bisa kita gunakan untuk menyeimbangkan permainan ketika sudah mulai berat sebelah. Role yang tidak dimainkan bisa ditanyakan pada malam hari seolah-olah role itu ada, padahal tidak ada. Ini bisa digunakan untuk menambah kompleksitas permainan, terutama jika pemainnya sedikit.

Dengan alat bantu ini moderator juga dibantu menentukan suara terbanyak ketika vote berlangsung, otomatis bisa mengubah role Cursed yang dimakan serigala menjadi werewolf berikutnya, dan seterusnya. Jika bermain whatsapp aplikasi ini juga menghasilkan beberapa kalimat yang bisa disalin dari aplikasi ke web.whatsapp.com sehingga moderator pekerjaannya lebih ringan.

Mari kita lihat cuplikan permainan yang saya mainkan bersama teman-teman sepulang kerja, ketika penentuan siapa yang akan dipilih untuk disingkirkan dari permainan karena diduga serigala jadi-jadian.

Buat yang suka naik gunung dan berkemah, permainan ini juga bisa dimainkan untuk menambah seru suasana.

Gimana, asyik gak? Pernah mainin juga? Ayo ceritakan pengalamanmu bermain Werewolf di kolom komentar di bawah ini.

Tunggu review saya berikutnya untuk Spyfall dan Resistance yang mirip dengan game ini. Insya Allah coming soon!

Iklan

Posted on Maret 13, 2017, in Tips, Ulasan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Permainan yang menyenangkan sepertinya, tapi kayaknya bakalan susah ngajakin temen main soalnya harus belajar dulu. 🔙

  1. Ping-balik: Kumpulan Skenario Werewolf | Untold Contemplation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: