Breaking and Entering (2006)


Satu lagi sebuah film karya Anthony Minghella. (English Patient, Cold Mountain, The Talented Mr. Ripley). Jelas sekali si Anthony ini cocok banget sama Jude Law. Minimal 3 kali udah Jude Law berakting di bawah arahan si sutradara ini. Menurutku English Patient dan Cold Mountain ceritanya hampir mirip, ada tragedi cinta dalam filmnya. Kondisi romansnya dibuat ekstrim sekali. Sehingga efeknya kadang membuat hati ini gerimis.

Eniwei, tag film ini adalah:

“Lie. Cheat. Steal. Love.”

 

Kalau aku lihat, judul film ini, Breaking and Entering, divisualisasikan secara denotatif dan konotatif. Pertama, yang dilakukan secara denotatif, dilakukan seorang remaja pria berasal dari Bosnia, yatim, dengan seorang ibu single parent yang hijrah ke London, dengan jalan mencuri barang di kantornya Will Francis (Jude Law). Di lain pihak, Francis yang gemes pengen menangkap pencuri kantornya yang lihai itu, akhirnya tahu siapa pelakunya dengan jalan menguntit si pemuda. Akhirnya Francis tahu bahwa ibu anak itu adalah penjahit. Akhirnya dia berpura-pura menjahitkan baju ke ibunya. Eh bukannya sewot laptopnya dicuri, Francis malah jatuh cinta sama ibunya si anak (yang nama muslimnya Mirsad, tapi dipanggil Miro). Sang Ibu, Amira, yang diperankan Juliette Binoche, jadi korban “Breaking and Entering” yang dilakukan Francis. Pertama Francis nggak jujur kalo sebenernya dia pengen tahu lebih dalam si pencuri yang menyatroni kantornya. Pas mencoba mendalami keluarganya si Miro, eh ternyata timbul bibit cinta antara si Francis dengan Amira. Masalahnya sih gak papa kalo Francis bujangan. Dia itu punya teman tidur (pasangan kumpul kebonya), yang udah punya anak remaja putri, yang kebetulan autis. Rupanya komunikasi Francis dan pasangannya yang kurang harmonis, menyebabkan Francis mencari cinta di luar.

Lumayan kompleks juga sih, terutama di bagian akhir film ini, ketika Francis ngaku ke pasangannya kalo dia selingkuh. Cuma bedanya dengan film Painted Veil, pasangan Francis cukup pemaaf dibandingkan Fane (Edward Norton). Well, karakter orang emang beda-beda.

Yah lumayan menarik sih menurutku. Skala 10 dapet 7 deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s