5 cm (2012)


Film 5 cm adalah film nasional yang aku tonton di penghujung tahun 2012. Diangkat dari novel berjudul sama karya Donny Dhirgantoro sekitar 5 tahun yang lalu, film ini lumayan laris manis di pasaran. Dibesut oleh Rizal Mantovani, secara mengejutkan film yang ringan ini sangat menghibur. Mungkin kita sudah lama tidak menonton film lokal yang bisa membuat kita berkali-kali tertawa lepas ala Nagabonar atau Kejarlah Daku Kau Kutangkap, sehingga film yang sebenarnya cukup sederhana, pada beberapa adegan membuat kita terpingkal-pingkal.

Alkisah ada lima orang sahabat yang bernama Genta, Zafran, Riani, Arial, dan Ian. Genta diperankan oleh Ferdi Nuril (Ayat-ayat Cinta), Zafran diperankan oleh Mahbub Herjunot Ali (Realita, Cinta dan Rock’n Roll), Riani diperankan oleh Raline Shah (MC Kitchen Beib dan favorit Putri Indonesia 2008), Arial diperankan Denny Sumargo (pebasket), dan Ian diperankan oleh Igor Saykoji (rapper). Mereka sudah tujuh tahun bersahabat dan pas pada ngumpul-ngumpul di rumah Arial, mereka sepakat agar mereka tidak ketemuan selama 3 bulan. Harapannya akan ada banyak hal baru yang masing-masing akan dapatkan dan mereka tidak bosan satu sama lain. Genta yang dianggap menjadi “leader” mereka menawarkan kejutan ketika mereka ketemuan nanti.

Yang menarik dari film ini adalah beberapa dialognya yang polos dan menggambarkan remaja yang jatuh cinta membuat kita terpingkal-pingkal, mungkin menertawakan diri sendiri yang mungkin pernah mengalaminya. Been there done that. Visualisasi dari pemandangan alam yang indah yang ditawarkan film ini sangatlah indah, dan membuat kita semua jadi ingin mengunjungi tempatnya. Kisah cinta menurut saya adalah sekedar bumbu saja untuk menciptakan konflik menarik dalam cerita.

5 cm adalah film yang mengingatkan kita untuk mencintai Indonesia, yang meski penuh carut-marut nyaris bangkrut karena korupsi, namun masih menawarkan keindahan dan kekayaan alam yang patut dijaga, dihormati, dan dihargai. Film ini juga menginspirasi kita untuk fokus pada cita-cita, agar bisa mencapainya, seberapapun sulitnya cita-cita itu.

”…Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kamu. Dan…sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas. Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja, hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya serta mulut yang akan selalu berdoa percaya pada 5 centimeter di depan kening kamu” 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

7.5 dari skala 10. Menghibur deh pokoknya!

Gambar dari KapanLagi.com.

Iklan

Posted on Desember 31, 2012, in Ulasan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Dari quote yang Mas Wisnu cetak miring (sementara) membuat saya paham makna 5 cm. “Sementara” karena saya belum nonton, minggu kemaren ngalah sama anak-anak yang pengen nonton Life of Pi gara-gara ada gambar singa di posternya 🙂

    Kalo 7.5 dari skala 10 artinya recommended banget tuh. Baiklah, masuk daftar tonton berkutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: