Wisata Seputar Sentul – Jungle Land dan Curug Bidadari


Bagi keluarga yang tinggal di sekitar ibukota Jakarta yang sumpek ini, mencari tempat wisata untuk rekreasi adalah suatu hal yang biasa dilakukan menjelang akhir pekan. Anak-anak atau istri di rumah biasanya bertanya kepada si ayah, “Yah, akhir pekan ini jalan-jalan ke mana?” Setelah merasakan camping di samping rumah sendiri, menginap di Tenda Mongolia, dan merasakan indahnya Michael Resort di daerah Bogor, beberapa minggu yang lalu kami mencoba berwisata di daerah Sentul. Selain karena tidak terlalu jauh, kami belum menjelajah banyak daerah wisata di sana, selain Food Court Ah Poong dan Ikan Patin Bambu Karimata.

Hotel yang kami pilih untuk menginap adalah Hotel Harris, yang lokasinya tidak jauh dari Ah Poong, Masjid Andalusia, dan Ikan Patin Bambu Karimata. Saya memilih tempat ini atas rekomendasi dari teman yang sebelumnya pernah menginap di sini. Kelebihan hotel ini adalah masih baru, tidak jauh dari warung / restoran, harganya relatif tidak mahal (king size + sofa bed tanpa sarapan sekitar 600 ribu), WiFi, sewa sepeda gratis, dan dari beberapa kamar ada akses langsung ke kolam renang. Kekurangan hotel ini adalah jalanan di sekitarnya masih belum diaspal sehingga agak mengurangi kenyamanan untuk masuk dan keluar hotel.

Hari pertama hanya dihabiskan untuk berenang dan malamnya makan di Ah Poong. Tema yang disajikan mirip Eat and Eat di Gandaria City di mana untuk membeli harus menggunakan kartu yang diberi deposit sejumlah uang.

Keesokan paginya saya bertanya kepada resepsionis, selain Ah Poong apa saja tempat wisata di sekitar hotel. Dia menyebutkan Jungle Land dan Curug Bidadari (Sentul Paradise Park). Setelah anak-anak kembali berenang di kolam renang, kami menuju Jungle Land. Di sana kami kurang tertarik mencoba wahananya karena hari sangatlah terik dan anak kami terkecil mungkin tidak bisa menikmati wahana yang ada. Jadi kami hanya melihat-lihat bagian depannya saja. Tiket masuk seharga 150 ribu rupiah per orang sepertinya masih belum cukup menarik.

Akhirnya setelah melihat-lihat sebentar, kami menuju kawasan Air Terjun Bidadari. Lokasi koordinat latlongnya lebih kurang  -6.620705,106.901343. Dari situ sudah dekat. Banyak pungli di kawasan ini. Baru belok kanan memasuki jalan kecil sudah kena tiket 5000 rupiah. Sekitar 3 km dari mulut jalan ada pintu masuk, seorangnya dikenakan 30 ribu rupiah. Untung saja indahnya tempat wisata bisa mengobati semua kekesalan terhadap pungli dan rusaknya jalan menuju lokasi. Masih jauh lebih rapi dan tertata Guci di Tegal Jawa Tengah.

Mandi di bawah air terjun sangat menyegarkan. Airnya tidak terlalu dingin seperti di Curug di kawasan Gunung Bunder. Sebaiknya membawa makanan sendiri atau sempatkan makan sebelum ke tempat ini karena tempat makan sangat apa adanya saja. Tidak ada restoran atau warung makan yang cukup layak. Semoga ke depannya akses jalan menuju air terjun di aspal dan restoran dibuka di sini.

Selamat berwisata!

Iklan

Posted on November 19, 2013, in Fotografi, Ulasan and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. Makasih info ny 🙂

  2. Hi, mau tanya jalan menuju curug bidadari rusaknya sepanjang jalan? Ada brp km? Jalan bebatuan parah?

  3. Mau tny mas wisnu.. warung2 makannya tp ada kan ya di dlm tmpt wisata sentul paradise, mungkin warung2 indomie atau bakso? Kamar mandi disana apa bersih utm mandi sehabis renang?

  4. butuh biaa berapa gan untuk ke tiga tempat itu?
    terimakasih 😉

    • Untuk ke Curug Bidadari sekitar 20-25 ribu per orang, kalau ke Hotel Haris bisa ke website mereka, silakan pilih kamar yang mau dipesan. Untuk rumah makan juga tergantung makanan yang dipesan.

  5. tempat yang pling nyaman disitu di sebelah
    mana gan

  6. Tgl 20 Feb 2016 ke sana, di pertigaan sebelum masuk curug, di hadang pemuda kampung, di minta uang 30rb perorang…gak jadi masuk deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: