Berkemah di Caringin – Vila Biru Pancawati


Di seputaran Jakarta, tepatnya daerah Bogor, banyak tempat yang bisa dijadikan untuk berkemah bersama keluarga. Kali ini saya dan teman-teman kantor mencoba berkemah di daerah Caringin, Bogor, tepatnya di dekat Vila Biru daerah Pancawati.

Vila Biru Pancawati

Anda pernah mendengar Kopi Daong yang terkenal itu? Nah kalau kita dari Jakarta, menuju camping ground ini searah menuju Kopi Daong. Ada banyak tempat berkemah lainnya di sekitar daerah ini, misalnya Vila Kebun Jati dan Puncak Halimun. Jaraknya ke Kopi Daong hanya sekitar empat km, atau sekitar 17 menit jauhnya.

Fasilitas berkemah di tempat ini yang menarik buat anak-anak adalah kolam renangnya. Meskipun tidak besar, berenang dekat tempat berkemah buat anak-anak adalah hal yang menyenangkan. Jadi buat kalian yang ada anak-anak kecilnya, berkemah di sini menjadi salah satu pilihan menarik.

Kolam Renang

Berkemah di samping mobil sepertinya tidak bisa dilakukan di sini. Namun ada beberapa spot yang berdekatan dengan tempat parkir mobil. Jadi tidak perlu terlalu jauh memindahkan barang-barang dari mobil ke tempat perkemahan. Ada beberapa saung yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama keluarga dan memiliki jangkauan pandangan yang cukup luas.

Saung di atas kolam renang

Selain berkemah, pengunjung juga memiliki pilihan untuk menginap di Vila Biru yang ada di kompleks ini, yang dibandrol mulai dari 500 ribu rupiah.

Vila untuk menginap

Fasilitas di tempat ini cukup lengkap, ada musholla, toilet, dan listrik. Jadi buat yang ingin berkemah dan mendapatkan akses ke fasilitas tersebut tidak perlu khawatir.

Kekurangan tempat ini adalah belum banyak pohon besar rindang yang bisa menaungi tenda. Jadi kalau siang hari perlu tambahan fly sheet agar bisa bersantai di luar tenda tanpa kepanasan. Suhu udara juga tidak sedingin daerah Pengalengan atau Ciwidey Bandung, sehingga tidak perlu mengenakan jaket di malam hari. Pemandangan city light di malam hari bisa terlihat dari beberapa lokasi.

Berkemah bersama-sama banyak keluarga memberikan kehangatan dan menimbulkan keakraban satu sama lain. Saling berbagi makanan dan saling membantu sesama ketika mendirikan tenda adalah hal yang jarang ditemukan di tempat lainnya. Suasana gotong royong sangat kental.

Sepulang dari sini, saya mampir ke Kopi Daong, karena belum pernah ke sana. Tempatnya sangat penuh pengunjung meski luas sekali. Makanan dan minuman di sana agak mahal karena sudah termasuk biaya untuk melihat pemandangan yang indah 🙂

Kesimpulan saya berkemah di Vila Biru Pancawati: cocok kalau membawa anak kecil atau bila beramai-ramai bersama kolega atau komunitas karena tempatnya cukup luas. Namun bila ingin mendapatkan tempat yang lebih dingin atau lebih sejuk, atau pemandangan yang lebih indah, mungkin tempat lain akan lebih sesuai.

Semoga membantu memberikan alternatif berkemah yang tidak semacet jalur puncak dan tidak jauh dari kota Bogor.

Diterbitkan oleh wisnuwidiarta

Hi, my name is Wisnu Widiarta. I am a movie lover and love traveling especially camping and doing outdoor activities. Coding and problem solving in general are things I love as well.

3 tanggapan untuk “Berkemah di Caringin – Vila Biru Pancawati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: