Coders let you Coding Using iPad


Dari dulu mencari interpreter atau compiler yang jalan di mobile phone atau gadget. Dulu waktu masih memakai Nokia E51 aku menginstall Python. Tapi codingnya susahnya amit-amit jabang vampire. Ngeselin abis. Apalagi editornya menggunakan semacam notes di E51 yang spacingnya susah dilihat bedanya untuk indentasi (tahu sendiri python kayak apa). Ugh…

Trus kenapa sih coding harus pake gadget? Kenapa gak pake laptop sekalian? Notebook atau gimana gitu? Ya karena mesti keluar duit lagi kan beli laptop mini segala? Nah berhubung sekarang sudah tidak lagi menggunakan Nokia, aku mencari aplikasi yang memungkinkan aku untuk coding. Buat apa? Buat mengasah otak sambil menunggu kereta di stasiun. Adalah situs http://projecteuler.net yang menyediakan soal-soal menantang tentang matematika yang bisa disolve dengan bantuan pemrograman. Akhirnya setelah googling, aku menemukan HandBasic yang free, namun tidak bisa menyimpan code yang dibuat. Setiap kali keluar, hilanglah itu memory. Untuk coding pemula, benar-benar lumayan. Setidaknya anakku Rayyan yang kelas 2 SD sudah bisa coding mencari luas persegipanjang dan  keliling segitiga di atas kereta waktu perjalanan ke Tegal.

Nah, dapat tautan dari jawara Pascal Bee, tentang adanya aplikasi dengan bahasa pemrograman Lua di iPad. Langsung aku beli. Ssebenarnya yang membuatku ingin membelinya adalah bagaimana dengan gadget mobile bisa tetap bikin program biarpun simple, untuk mengatasi rasa haus memecahkan soal di situs macam Euler. Sebagai uji coba, aku pilih problem nomor 53 yang belum pernah aku kerjakan. Soalnya adalah sebagai berikut:

There are exactly ten ways of selecting three from five, 12345:

123, 124, 125, 134, 135, 145, 234, 235, 245, and 345

In combinatorics, we use the notation, 5C3 = 10.

In general,

nCr =
n! /
r!(n−r)!
,where r ≤ n, n! = n×(n−1)××3×2×1, and 0! = 1.

It is not until n = 23, that a value exceeds one-million: 23C10 = 1144066.

How many, not necessarily distinct, values of  nCr, for 1 ≤ n ≤ 100, are greater than one-million?

Nah itulah soal yang harus dipecahkan. Dan dalam sekali hit, alhamdulillah, algoritmanya langsung benar. Memang tidak optimized, misal tidak menggunakan segitiga pascal dsb. Tapi aku justru ingin menguji kemampuan iterasi dan rekursif di iPad dengan aplikasi ini. Jadi aku menggunakan simple brute force dengan sedikit heuristic.

Euler53 solved using Lua

Euler53 solved using Lua

Yang menarik dari aplikasi ini:

  • Untuk soal Euler 53, komputasi sangat cepat
  • Title dan description program dibuat sangat jelas
  • Panduan lumayan membantu, namun untuk beberapa kasus tetap membutuhkan googling untuk mencari informasi tertentu, misal kata kunci local untuk recursive function
  • Bisa coding di mana saja tanpa perlu laptop atau notebook
  • Berguna dan mudah dipakai oleh pemula

Yang kurang atau bisa ditingkatkan:

  • Help yang lebih lengkap
  • Fungsi-fungsi eksternal dengan library yang lebih lengkap, syukur-syukur bisa mengakses API iPad
  • Editor yang lebih canggih (code completion, dsb)
  • Penjelasan dan panduan ketika error

Hasilnya adalah:

Hasil Euler 53

Hasil Euler 53

Jadi buat kamu-kamu yang emang doyan coding di mana saja, Coders merupakan aplikasi di iPad yang sangat layak untuk dimiliki.

Iklan

Posted on Juli 1, 2011, in Pemrograman, Ulasan and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. Wah… keren! Trims review-nya. Udah nyoba fitur drawing API-nya belom bro? Bikin fraktal gitu. Asik gak? 🙂

  2. wuih, patut dicoba bagi pemula seperti saya nih..

  3. Sayang soal2 di Project Euler gak ada terjemahan bhs Indonesianya ya. Mau aku pake buat bahan ngajari koding ke anak SMA terkendala bhs Inggrisnya. Mereka masih kesulitan memahami soal dlm bhs Inggris. Jadi harus nerjemahin dulu deh. 😦

  4. Bro wisnu, guess what?! I got the app for free! Yey! 😀

    Kapan hari aku kontak developernya, nanya ada support buat basic sound programming nggak? Buat ngajari newbie, fungsi visual dan suara kan atraktif tuh. Ternyata katanya nggak ada. Developernya sepakat dgn ideku tapi masih belum tau caranya coding sound di iOS, termasuk gmn ntar implementasinya ke Coders. Aku kasih aja kisi2nya, terutama implementasinya. Eh, ideku disambut dgn antusias, dan kami bahas cukup panjang via email. By the end of it, aku diberi redeem code buat download Coders scr gratis. Well, I never expect such a surprise!

    Rejeki emang gak kemana. Alhamdu… lillah. 🙂

  5. Aku udah beberapa kali ngasih ide ke developer lain, tapi baru kali ini diberi hadiah. Biasanya cuma thank you doang. Heran knp seneng banget ya kita dapet gratisan? Padahal beli juga mampu. Apa krn kita dapet sbg reward ya?

    Sekedar bocoran, versi Coders selanjutnya akan ada kemudahan dalam pengetikan. Ada baris tombol utk simbol dan angka biar gak repot switching keyboard. Lumayan lah.

    • Menurutku karena kita dihargai dan dibayarin. Kayak kita ditraktir aja. Di warteg juga seneng.

      Sent using WishBerry®

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: