Hot Waterboom Guciku di Tegal


Mudik tahun ini sangat berkesan buat anak-anak. Liburan ke Tegal kali ini kami menginap di Guci, dan menikmati mandi air panas di Hot Waterboom Guciku yang belum ada satu tahun diresmikan. Tiket masuknya 25 ribu rupiah, yang biasanya hanya dibandrol 20 ribu di luar lebaran. Ada tiga kolam besar yang berbeda ketinggian dan semuanya dialiri air panas dari sumber alam di kaki Gunung Slamet. Dulu sebelum ada tempat wisata ini, Guci punya tempat pemandian air panas gratis di dekat air terjun, dan ada kolam renang air panas Sosro yang memiliki dua kolam air panas. Yang sosro ini sebelumnya jadi favorit, namun setelah Guciku dilaunching, Sosro mulai tergeser posisinya di hati para pengunjung Guci.

Jika ingin membaca wisata kuliner di Tegal dan pengalaman saya camping di Guci dan melihat pemandian air panas Guci yang gratis bisa dilihat di sini. Jika ingin melihat semua postingan Tegal baik tentang pantai maupun air terjun dan kuliner minuman dinginnya, lihat lebih lengkap di sini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ok, tertarik?

Berikut ini adalah info yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

1. Di mana sih Guci itu? Lewat Pantura hanya 346 km dari Jakarta.

Alternatif ke Guci dari Jakarta
Alternatif ke Guci dari Jakarta

2. Berapa sih tarif masuk Guciku dan penginapan di dalamnya?

Tarif Guciku
Tarif Guciku

Kalau tidak mau menginap di dalam Guciku, berapa sih tarif menginap di luar Guciku? Penginapan ada hotel dan villa. Villa 1 rumah ada yang berisi 3 kamar, kamar mandi di dalam, ruang tamu, dan dapur, hanya 700 ribu rupiah di hari lebaran. Di luar itu bisa lebih murah.

3. Berapa harga makanan di sekitar Guciku?

-Nasi goreng sekitar 10 – 15 ribu rupiah per porsi.
-Sate kambing sekitar 60 – 70 ribu sekodi (20 tusuk).
-Sate ayam dengan lontong 10 bijinya sekitar 15-25 rb, sate kelinci 20-30 ribu

4. Apa boleh bawa makanan ke area Guciku? Boleh!

5. Apa bisa menginap dengan tenda? Bisa!

6. Selain Guci, wisata apalagi yang ada di Tegal? Ada pantai. Baca di sini. Ada theme park kayak di Dufan, namanya Rita Park. Lokasi di belakang Rita Mall.

7. Kalau mau kuliner khas Tegal, apa saja sih pilihannya?

Wah kuliner di Tegal banyak. Ini rekomendasi dari saya:

1. Sate ayam Farad Sidjan. Lokasi di depan Stasiun Tegal
2. Warung Makan Moro Tresno di Pasar Senggol, dekat Alun-alun / Masjid Agung Tegal (ada sauto – soto pakai  tauco, nasi lengko, nasi gule, sop buntut, dan asem-asem, dan sate kambing –> One stop shopping, cocok kalau sebentar di Tegal. Satu warung banyak pilihan kuliner)3. Kupat Glabed, yang enak ada di dekat Masjid Agung atau di dekat Sate Ayam Farad Sidjan, di depan Stasiun Tegal, atau di Randu Gunting
4. Sauto Amir, di daerah Tegal Wangi, Kab. Tegal
5. Sate Kambing Muda, di daerah Tirus, Putra Tirus atau Sari Mendo
6. Es Sagwan, di Jalan AR Hakim

8. Hotel di Kota Tegal? Yang direkomendasikan adalah Bahari Inn atau Karlita Hotel.

9. Apa saja sih oleh-oleh khas Tegal?

-Laktopia, mirip bakpia, cari di Jalan Veteran, atau daerah Paweden
-Kacang bogares dan pilus
-Krupuk anthor
-Telur asin (nggak cuma Brebes yang punya telor asin)
-Bawang merah ukuran besar (di Guci)
-Tahu Aci
-Teh tubruk 2 Tang

10. Ada nggak sih kamus bahasa Tegal? Ada. Coba cek di sini dan di sini.

Selamat berwisata!

33 respons untuk ‘Hot Waterboom Guciku di Tegal

  1. Informasi yang wajib di save and share! Thanx pak Wis, ingetin nanti sebelum saya berangkat diprint dulu nih tulisannya…

  2. Om Wisnu,

    Kalo lewat Tol Cipali, kita keluar dimana ya?
    Cari penginapannya sebaiknya dekat hot water boom atau diluar kawasannya?
    Makasi Om infornya, rencana berangkat 20 Des ini.

    1. Keluar Cirebon bisa, keluar Pejagan juga bisa. Kalau Cirebon ya arah Tegal. Kalau keluar Pejagan bisa ke kiri lewat Tegal kota kalau mau kulineran dulu, atau bisa lewat Slawi (belok kanan). Kalau mau nginep yang asyik ya di dalam waterboomnya. Kalau di luar lebih murah. Per kamar 200 rb. Kalau mau yg banyak makanan nginep di luar aja. Bisa makan sate kambing mudaaaa..

      1. Om Wisnu, waterboom nya paling atas ya? jadi sambil keatas kita bisa lihat2 dulu yang alaminya atau sewaktu mau turun aja (pulang) liatnya?
        Difoto Om ada kali kecil dengan air terjunnya. asyik juga main air disana kayaknya. ini sebelum atau sesudah waterboom?.

        Maaf ya Om banyak nanya.

      2. Bukan. Waterboom Guciku justru sebelum yg air terjun. Nah yang air terjun justru di atas. Anak-anak senang main air di air terjun dan di waterboomnya. Dulu sebelum ada waterboom Guciku kami berenang di Sosro Swimming pool yang letaknya di tengah air terjun dan waterboom. Tempatnya juga asyik, tapi sejak ada Guciku kami jadi gak pernah ke situ hehehe..

  3. Om Wisnu, jumpa lagi Om.
    Berangkat jam 08.30 pagi dari purwakarta. Selama di tol lancar aja. Mulai agak tersendat antara Brebes – Tegal. Akhirnya sampai sekitar jam 16.00. Pemandangan dilokasinya bagus, sayang karena pemandian terbuka anak2 dan ibunya nggak mau mandi dikolam dekat sungai. Besok paginya saya tawarkan kolam rendam privat berbayar. Mereka mau, lega juga Om, semua mau. Setelah puas berendam, baru pindah ke hot water boom.
    oh ya, kita nginap diatas, villa penduduk . Sayang ya di villanya nggak ada air panas alaminya. Setelah puas main air, kita meninggalkan water boom sekitar jam 13.00.
    Tadinya pingin mampir Cirebon, tapi abangnya dah pingin pulang aja. jadi dah nyampe purwakarta lagi 20.00.
    Terima kasih ya Om, blognya sangat informatif sekali.

  4. Malm mas wisnu… sy ada plan ke guci dan menginap di waterboommya .. cm bingun kalo mo pesen kamarnya bgmn yaa… dr kemarin cari CP utk dihib ga ada no tlpnya.. kecuali via hp.. … boleh dishare kah.. tq mas…

  5. Mas wisnu maaf mau tanya, sy rencana mau liburan weekend sma kekasih. Tp kalau sewa di hotel jatuh.a mahal mas sampe 1jt lebih untuk 2kmar. Kalau sewa vila kira kira brp ya mas? Lalu ap boleh hanya berdua saja? Satu vila tp bisa beda kamar? Mhon petunjuk mas pacar saya mau bgt liburan kesana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s